free hit counters
 

Kenikmatan Yang Merugikan

Eramuslim.com – Waspadalah terhadap segela jenis bisikan setan dan bala tentaranya. Ia melatih nafsu untuk menggandrungi dunia dengan segala kadarnya. Mulai dalih agar gaul, supaya ikut tren terkini, tidak ketinggalan zaman, bahkan yang berdalih hanya mencari hiburan semata.

Karena hal itulah, banyak yang berbondong-bondong pergi ke pusat perbelanjaan atau tontonan hampir setiap pekan. Rutin. Dalihnya berhibur, cuci mata, santai, dan sebagainya. Sementara itu, ia sama sekali tidak berlaku adil terhadap hak ruhaninya. Pasalnya, saat mampu mengalokasikan waktu untuk berbelanja atau sekadar bermain-main di akhir pekan sepanjang hari itu, ia tidak pernah menginvestasikan waktunya untuk kajian, i’tikaf bersama keluarga, atau aktivitas-aktivitas kebaikan lainnya.

Bahkan, di rumahnya amat kering dari bacaan al-Qur’an, jarang terdengar saling menasihati dalam kebaikan, tak menghiraukan waktu shalat, dan amalan-amalan lain yang berdampak pada ruhani dan kebahagiaan yang sejati.

Sebagian lainnya juga berlaku tak adil. Meluangkan banyak waktu untuk menonton drama-drama atau film-film dari negeri asing dalam jumlah episode yang lebih dari puluhan. Terus-menerus, sepanjang hari. Akibatnya, shalat selalu mengulur waktu, tidak ada porsi untuk membaca al-Qur’an, Dhuha sering kelewat bahkan tertinggal, dan banyak aktivitas kebaikan lainnya yang tidak dikerjakan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru