free hit counters
 

Kisah Qarun,: Ketika Kekayaan Justru Menjauhkannya dari Allah

Eramuslim.com – Qarun adalah paman Nabi Musa. Qarun dikenal sebagai seorang yang kekayaannya sangat melimpah ruah. Padahal sebelumnya, hidup Qarun sangat miskin. Dia tidak mampu menafkahi anaknya yang jumlahnya sangat banyak.

Bosan dengan keadaannya, Qarun meminta Nabi Musa untuk mendoakannya agar Allah memberikannya harta benda yang sangat banyak. Nabi Musa menyetujuinya tanpa ragu karena dia tahu bahwa Qarun adalah seorang yang sangat saleh dan pengikut ajaran Ibrahim yang sangat baik.

Allah pun mengabulkan doa Musa. Akhirnya, Qarun memiliki ribuan gudang harta yang penuh berisikan emas dan perak.

Dalam surah al-Qashash ayat 76 dikisahkan bahwa Qarun pernah pamer kekayaannya. Saat itu, dia keluar dengan pakaian yang sangat mewah didampingi oleh 600 orang pelayan terdiri atas 300 laki-laki dan 300 lagi pelayan perempuan.

Bukan hanya itu, ia juga dikelilingi 4.000 pengawal dan diiringi 4.000 binatang ternak yang sehat, plus 60 ekor unta yang mem bawa kunci-kunci gudang kekayaannya. Sayangnya, setelah keingin annya menjadi kaya raya terwujud, Qarun mempergunakan hartanya dalam kesesatan, kezaliman, dan permusuhan, sehingga membuatnya menjadi orang yang sombong. Qarun mabuk dan terlena dengan kekayaannya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru