free hit counters
 

Lima Ciri Orang Mukmin dalam Surat Ali ‘Imran

Eramuslim.com – Jika di awal surat al-Baqarah dibahas secara detail ciri-ciri orang yang bertakwa, maka di dalam surat Ali ‘Imran ada dua ayat yang secara detail memberitahu kepada kita tentang ciri orang mukmin. Artinya, jika kelima hal ini didapati pada diri seseorang, maka merekalah orang-orang yang berhak mendapat julukan mukmin.

Sabar

Ialah ridha dengan semua ketentuan yang Allah Ta’ala berikan. Meliputi sabar dalam melakukan amalan-amalan ketaatan, sabar dalam menjauhi dan meninggalkan seluruh larangan-larangan, dan sabar dalam menghadapi takdir berupa musibah, ujian, dan ragam kesulitan lainnya.

Di antara tiga jenis kesabaran ini, ulama’ berbeda pendapat. Namun kebanyakan dari mereka sepakat bahwa yang paling berat dan agung pahalanya adalah sabar dalam melakukan perintah Allah Ta’ala di sepanjang usia kehidupan.

Jujur

Kaitannya dengan niat. Bahwa mereka yang jujur kepada Allah Ta’ala, Dia pun akan jujur kepada hamba-hamba-Nya. Maka dalam hal ini, seorang hamba akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Jujur oleh Ibnu Katsir juga diartikan, “Kesungguhan menjalankan amal perbuatan yang berat.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru