free hit counters
 

Orang Sepertiku Mau Minta Surga?

Eramuslim.com – Nama lelaki surga ini adalah Shilah bin Asyyam. Sosok shaleh yang gemar melakukan shalat sunnah Tahajjud ini ditakuti oleh hewan buas yang melihatnya. Oleh Imam Ibnul Jauzi sebagaimana disebutkan dalam Shaid al-Khatir, sosok ini senantiasa berdoa, “Rabbku, jauhkanlah aku dari neraka!” Lanjutnya dengan nada merendahkan diri di hadapan Rabbnya, “Orang sepertiku mau meminta surga?!”

Mari amati kalimat nan menggerakkan jiwa ini. Kalimat yang lahir dari sosok shaleh yang senantiasa berkomunikasi dengan Allah Ta’ala saat sebagian besar manusia nyenyak dalam tidur kelalaiannya. Sosok yang baginya, surga amat dekat. Bahkan, ia bisa mencium wangi semerbak surga ketika badannya ada di atas bumi.

Senada dengan perkataannya, ‘Umar bin Khaththab yang merupakan Khalifah kedua kaum muslimin ini bermunajat, “Aku cuma menginginkan keselamatan tanpa anugerah pahala dan beban dosa.”

Bahkan sekelas ‘Umar menyampaikan kalimat seperti itu. Lantas, bagaimana dengan kita yang jauh kelas takwanya dari sahabat yang sekaligus mertua Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam ini?

Orang seperti kita mau meminta surga?

Pantaskah? Sementara yang wajib kita kerjakan seenaknya; amalan sunnah sering kita lalaikan; amalan mubah kita perbanyak hingga terkesan berlebihan; sedangkan yang makruh dan haram, secara sembunyi-sembunyi kita kerjakan?

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru