free hit counters
 

Perbanyak Berdoa Saat Pintu Langit Terbuka

Eramuslim.com – Allah Ta’ala menurunkan hujan sebagai salah satu tanda kuasa-Nya. Melalui hujan, bumi dan semua makhluk hidup yang ada di atasnya menjadi hidup, tumbuh dan beranak pinak. Hujan dan proses penumbuhan makhluk hidup yang terjadi adalah tamsil dari Kuasa Allah Ta’ala yang kelak membangkitkan manusia di kehidupan akhirat.

Ketika hujan turun, ada banyak keberkahan yang menyertainya. Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan, masing-masing tetes air hujan dikawal oleh malaikat. Oleh karenanya pula, umat Muhammad Saw disunnahkan memperbanyak doa kala hujan turun. Sebagaimana disampaikan oleh Abdullah bin Abbas, “ Perbanyaklah doa di kala hujan turun.”

AFP PHOTO/Jewel SAMAD

Diantara alasan anjuran untuk memperbanyak doa saat butiran-butiran air itu menyapa bumi dengan kesegaran dan kehidupan, “Sebab ketika itu pintu-pintu langit terbuka.” Maka Rasulullah Saw mengajarkan kepada kita doa yang amat mulia, “Allahumma shayyiban nafi’an. Ya Allah, jadikan hujan ini penuh kemanfaatan.”

Kesadaaran inilah yang penting untuk dibangun dalam pemahaman kita. Pasalnya, hujan diturunkan oleh Allah Ta’ala dengan membawa manfaat dan keberkahan. Namun, fakta yang terjadi saat ini di banyak tempat, justru sebaliknya. Ketika hujan baru mengguyur beberapa hari saja dengan intensitas yang tercurah, maka yang terjadi adalah banjir bandang, longsor, dan bencana-bencana lainnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru