free hit counters
 

Permintaan Orang Kafir yang Pasti Tertolak

Eramuslim.com – Ketika seseorang berada dalam kesusahan, kesedihan, masalah, atau keburukan lainnya, mereka akan berupaya sekuat tenaga untuk keluar dari kepelikan yang dialaminya dengan seluruh kemampuan yang dimiliki. Pun jika harus menebusnya dengan sesuatu yang amat berharga dalam dirinya.

Seperti itu pula keinginan orang-orang kafir. Mereka berani melakukan apa pun agar bisa keluar dari siksa neraka. Sayangnya, permintaan mereka tersebut sia-sia. Pasti tertolak. Meskipun mereka berkehendak menukar semua siksa yang dipanennya dengan emas sepenuh bumi. Semuanya telah terlambat.

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir sekiranya mereka mempunyai apa yang di bumi ini seluruhnya dan mempunyai yang sebanyak itu (pula) untuk menebus diri mereka dengan itu dari azab hari Kiamat, niscaya (tebusan itu) tidak akan diterima dari mereka, dan mereka beroleh azab yang pedih.”(Qs. al-Maidah [5]: 36)

Mereka hendak menebus siksa yang dialami dengan emas sepenuh bumi. Tapi, Allah Ta’ala tak akan pernah menerima negosiasi yang mereka sampaikan itu. “Tebusan itu,” jelas Ibnu Katsir, “tidak akan diterima darinya, dan tidak ada tempat baginya untuk melarikan diri dan berlindung.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru