free hit counters
 

Pertemuan Muhammad SAW dan Jibril yang Disaksikan Sahabat

Eramuslim.com -Nabi Muhammad SAW dan malaikat Jibril kerap bertemu dalam rangka menyampaikan wahyu ataupun mengajarkan risalah Islam.

Pertemuan tersebut beberapa kali bersifat rahasia atau diam-diam tanpa diketahui banyak orang. Namun yang adakalanya perjumpaan Rasulullah dan Jibril tersebut bisa dilihat kasat mata oleh para sahabat.

Di antaranya adalah pertemuan tatkala Jibril mengajarkan tentang iman, islam, dan ihsan yang cukup masyhur itu. Dalam kitab Shahih-nya, Imam Muslim meriwayatkan sebagai berikut:



Suatu ketika para sahabat sedang duduk bersama Rasulullah Muhammad SAW. Tiba-tiba muncul seorang laki-laki yang mengenakan pakaian berwarna sangat putih dan berambut sangat hitam menghampiri Rasulullah.

Kemudian laki-laki tersebut bertanya kepada Rasulullah tentang Islam, iman, dan ihsan. Di depan para sahabatnya, Nabi Muhammad lantas menjawab pertanyaan laki-laki tersebut.

Dari Umar bin al-Khathab, dia berkata: Suatu ketika kami para sahabat duduk di dekat Rasulullah, tiba-tiba muncul laki-laki dengan pakaian sangat putih dan berambut hitam, tidak ada tanda-tanda bekas perjalanan darinya dan tidak ada seorang pun dari kami yang mengenalnya.

Laki-laki itu segera duduk di hadapan Nabi Muhammad, kemudian lututnya disandarkan ke lutut Nabi dan meletakkan kedua tangannya di atas paha Nabi. Kemudian dia berkata: ‘Wahai Muhammad, beritahu kepadaku tentang Islam.’

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru