free hit counters
 

Rahasia Mengapa Bismillah Dibaca Tiap Memulakan Amalan

Eramuslim – Keutamaan membaca basmala atau bismillahirrahmanirrahim sangatlah besar. Bacaan ini tak sekadar bacaan singkat tanpa makna. Lebih dari itu ada banyak makna dan rahasia di balik tuntunan membaca kalimat thayyibah tersebut.

Ayat yang pertama kali diturunkan berbunyi, ”Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan,” (QS Al-‘Alaq [96: 1). Perintah membaca yang disebutkan dalam ayat ini, mengharuskan dimulainya setiap pekerjaan dengan nama Allah SWT.

Menurut Ibnu Abbas, hakikat dari perintah iqra’ pada ayat pertama itu adalah perintah untuk membaca basmalah. Dan basmalah merupakan satu-satunya ayat yang hanya diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan Nabi Sulaiman AS, seperti disebutkan dalam surah An-Naml [27] ayat 30.



Diriwayatkan Ibnu Mardawaih dari Buraidah, Rasulullah bersabda, ”Telah diturunkan kepadaku satu ayat yang tidak pernah diturunkan kepada seorang nabi pun selain Nabi Sulaiman dan aku, yaitu “Bismillahir rahmanir rahiim.”

Utsman bin Affan pernah bertanya tentang basmalah, maka Beliau SAW menjawab, ”Sesungguhnya ia adalah salah satu dari nama-nama Allah yang agung, begitu dekatnya basmalah dengan nama Allah seperti dekatnya biji mata yang hitam dengan biji mata yang putih.”

Menurut penjelasan para ahli tafsir, setidaknya ada empat makna yang terkandung dalam basmalah. Pertama, kata bi kalau dikaitkan dengan ”kekuasaan dan pertolongan”, maka si pengucap menyadari bahwa pekerjaan yang dilakukannya terlaksana atas kekuasaan Allah. Dia memohon bantuan-Nya agar pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik dan sempurna. 

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru