free hit counters
 

Biar Ahli Ibadah Tapi Sering Sakiti Tetangga, Tetap Saja Tempatnya di Neraka!

Eramuslim.com – Islam bukan hanya ibadah ritual. Surga pun tidak mudah digapai hanya dengan ibadah. Ada begitu banyak faktor yang harus dipenuhi hingga seorang Muslim berhak mewarisi surga penuh kenikmatan. Bahkan ada satu kaidah penting yang disimpulkan dari sebuah hadits tentang ahli ibadah yang justru dijebloskan ke dalam neraka.

Siapakah mereka? Mengapa berlaku demikian?

Tersebutlah seorang wanita yang ahli mendirikan shalat Tahajjud. Dia melakukan yang wajib dan menyempurnakan amalannya dengan sunnah. Malam untuk shalat dan dzikir. Siang untuk membaca al-Qur’an dan berpuasa. Tiadalah berlalu satu detik pun di dalam hidupnya, kecuali diisi dengan ibadah mahdhah kepada Allah Ta’ala.

Namun, sebagaimana disebutkan dalam riwayat Imam al-Bukhari Rahimahullahu Ta’ala, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, “Tiada kebaikan dalam dirinya. Dan ia termasuk ahli neraka!”

Rupanya, wanita tersebut gemar menyakiti tetangganya. Tetangga terganggu dengan ucapan, ungkapan, dan lontaran kalimatnya. Perbuatan tangan dan kakinya telah mengganggu tetanganya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru