free hit counters
 

11 Kewajiban Muslim kepada Rasulullah

Eramuslim – RASULULLAH saw telah memberikan segala yang beliau miliki untuk umatnya. Jiwanya, hartanya dan sepanjang hidupnya beliau habiskan untuk menyelamatkan umat.

Pasti akan terbesit dibenak kita, dengan melihat jasa Rasulullah saw yang begitu besar, apa tugas dan kewajiban kita terhadap beliau?

Walaupun mustahil kita bisa membalas jasa Rasulullah saw namun Alquran dengan jelas mengabarkan kewajiban kita dihadapan beliau. Berikut ini adalah kewajiban seorang muslim dihadapan Nabi Muhammad saw.

1. Beriman kepadanya.

Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.”(An-Nisa 136)

Katakanlah (Muhammad), “Wahai manusia! Sesungguhnya aku ini utusan Allah bagi kamu semua, Yang Memiliki kerajaan langit dan bumi; tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Menghidupkan dan Mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, (yaitu) Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya). Ikutilah dia, agar kamu mendapat petunjuk.”(Al-Araf 158)

2. Taat dan mengikutinya.

Dan Kami tidak mengutus seorang rasul melainkan untuk ditaati dengan izin Allah.”(An-Nisa 64)



Katakanlah (Muhammad), “Taatilah Allah dan Rasul.”(Ali Imran 32)

Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah.”(Al-Hasyr 7)

Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah Mencintaimu dan Mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.(Ali Imran 31)

*Saat membicarakan hubungan antara Rasul dan pengikutnya, Allah selalu menggunakan kata Ittabaa yang artinya mengikuti.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tafakur Terbaru