free hit counters
 

9 Keutamaan Hari Jumat

5. Hari besar yang berulang setiap pekan

Ibnu Abbas berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Hari ini adalah hari besar yang Allah tetapkan bagi ummat Islam, maka siapa yang hendak menghadiri salat Jumat hendaklah mandi terlebih dahulu.” (HR. Ibnu Majah)

6. Hari dihapuskannya dosa-dosa

Salman Al Farisi berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhotbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat“. (HR. Bukhari).



7. Orang yang berjalan untuk salat Jumat akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setara dengan pahala ibadah satu tahun salat dan puasa

Aus bin Aus berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan salat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah“. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan sahih oleh Ibnu Huzaimah).

8. Wafat pada malam hari Jumat atau siangnya adalah tanda husnul khatimah, yaitu dibebaskan dari fitnah (azab) kubur

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Setiap muslim yang mati pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur“. (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai sahih oleh Al-Bani).

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Tafakur Terbaru