free hit counters
 

Bahaya Curhat kepada Sembarang Orang Menurut Aa Gym

Eramuslim – Mencurahkan isi hati (curhat) atas segala masalah hidup yang dihadapi ke pada orang lain kerap di anggap sebagai solusi terbaik.

Setidaknya dengan begitu masalah yang dihadapi akan menjadi lebih ringan setelah menumpahkan keluh kesah atas masalah yang dihadapi pada orang lain. Namun ternyata ada banyak dampak buruk bila seseorang salah memilih teman curhat.

Menurut Pendiri Daarut Tauhid, KH Abdullah Gymnastiar, atau biasa disapa Aa Gym, curhat terkadang bisa menjadi solusi, tapi juga bisa menjadi sebuah bencana yang baru.



Menurut dia, orang yang tidak berhati-hati dalam memilih teman curhat bisa jadi tidak menemukan penyelesaian masalah, melainkan menambah dan memperumit masalah yang dihadapi.

Aa Gym memaparkan, beberapa dampak negatif ketika seseorang curhat kepada orang yang salah, yakni ketika curhat secara tidak sadar seseorang bisa membuka aibnya sendiri. Selain itu, orang yang dijadikan tempat mencurahkan isi hati bisa membuka aibnya pada orang lain. Orang yang sering curhat kepada orang lain juga berpotensi menyebarkan fitnah, ghibah, dan hasad.

Lebih dari itu, menurut Aa Gym, seringkali curhat bisa membuat orang lain terbebani. “Ada yang ketika mendengar curhat jadi stres. Karena menjadi beban baru. Dia sendiri orang banyak masalah kemudian dicurhati makin tetekan, jadi kita yang curhat bisa menzalimi orang yang dicurhati,” ujar Apa Gym dalam kajian Manajemen Qalbu beberapa waktu lalu.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Tafakur Terbaru