free hit counters
 

Cara Menjadi Hamba Pilihan Allah

Eramuslim – Sahabat yang diberkahi Allah. Hari ini kita melanjutkan pembahasan yang kemarin. Tentang hamba-hamba Allah Yang Maha Pengasih, dalam bahasa Alquran disebut dengan ’Ibadurrahman’.

Sejatinya ada dua ayat yang menerangkan tentang ’ibadurrahman,’ yang pertama yang kita bahas ini, yang kedua ‘ibadurrahman’ ditujukan untuk para malaikat (QS. Az-zukhruf 43:19).

Jadi derajat manusia yang sudah menggapai ‘ibadurrahman’ bisa disamakan dengan para malaikat yang selalu taat pada Sang Pencipta. Maka, mari kita simak dan cerna baik-baik, syarat-syarat berikutnya. Yang kedelapan, syaratnya adalah bertaubat (QS. Al-Furqan 25:71).



Bertaubat adalah tanda-tanda orang yang diberkahi Allah. Orang yang bertaubat adalah orang yang merasa dirinya salah dan penuh dosa. Bahkan bertaubat adalah pekerjaan para Nabi. Janganlah kita merasa bahwa kita ini tidak berdosa sehingga kita tidak bertaubat. Justru sebaliknya, kita harus memperbanyak taubat terlebih di bulan mulia ini, Ramadhan.

Syarat yang kesembilan adalah mengerjakan amal shaleh (QS. Al-Furqan 25:71). Amal shaleh adalah pekerjaan-pekerjaan yang bernilai baik, bermanfaat untuk banyak orang serta tidak mengharapkan kebaikan darinya kecuali mengharap ridha Allah Yang Maha Kaya. Amal shaleh di bulan Ramadhan, misalnya, berbagi takjil, bersedekah kepada tetangga, atau memberikan senyum kepada orang di sekitarnya dan lain-lain.

Yang kesepuluh adalah tidak memberikan persaksian palsu (QS. Al-Furqan 25:72). Syarat ini mengharuskan untuk berbicara benar dan jujur. Ia harus menyadari bahwa persaksian palsu bukan hanya diganjar Allah dengan dosa, juga aniaya terhadap diri sendiri. Lebih dari itu, persaksian palsu pun dapat merugikan orang yang diberikan persaksian itu.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tafakur Terbaru