free hit counters
 

Catat, Malaikat Hadir di Saat-Saat Seperti Ini

Eramuslim – MENGENAI malam Lailatul Qadar, Allah SWT berfirman yang artinya “Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.” (QS. Al-Qadr: 4).

Malam Lalilatul Qadar terdapat pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Namun tidak seorang pun tahu kapan pastinya waktu yang istimewa tersebut.

Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat akan turun dari langit. Namun sejatinya, malaikat selalu ada di sekitar kita. Kapan saja?

Dikutip dari laman JATMAN pada Rabu (13/5/2020), berikut waktu-waktu malaikat hadir.



Pertama, saat dibacakan ayat-ayat Alquran

Rasulullah Saw bersabda, “Tidak berkumpul satu kelompok di satu rumah dari rumah-rumah Allah, membaca kitab Allah dan mengkajinya antar mereka, kecuali turun ketenangan atas (hati) mereka, dan mereka diliputi oleh rahmat serta dilindungi oleh malaikat, dan Allah menyebut-nyebut mereka di tengah-tengah siapa yang ada di sisi-Nya,” (Shahih Muslim).

Para malaikat juga hadir ketika ada seseorang yang melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Sahabat Usaid bin Khudhair menceritakan, suatu hari ketika dirinya membaca Alquran kuda miliknya melompat. Maka ia berhenti sejenak. Lalu melanjutkan bacaannya dan kudanya melompat lagi. Ia lalu menghentikan bacaannya. Ia berdiri, lalu ia melihat di atas kepalanya seperti ada pelita yang membumbung ke langit.

Besoknya, Usaid bertanya kepada Rasulullah soal peristiwa itu. Rasulullah menjawab, “Itu adalah malaikat-malaikat yang mendengar (bacaan)mu dengan tekun.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tafakur Terbaru