free hit counters
 

Ini Amalan Untuk Meraih Rahiqul Makhtum

Eramuslim – MAU tahu amalan untuk meraih rahiqul makhtum, pakaian hijau dan buah di surga? Dari Abu Said Al-Khudri, ia berkata, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Muslim mana saja yang memberi pakaian orang Islam lain yang tidak memiliki pakaian, niscaya Allah akan memberinya pakaian dari hijaunya surga. Muslim mana saja yang memberi makan orang Islam yang kelaparan, niscaya Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan di surga. Lalu muslim mana saja yang memberi minum orang yang kehausan, niscaya Allah akan memberinya minuman Ar-Rahiq Al-Makhtum (khamr yang dilak).” (HR. Abu Daud, no. 1682; Tirmidzi, no. 2449. Al-Hafizh Abu Thahir menyatakan bahwa sanad hadits ini dhaif dikarenakan dalam sanadnya terdapat perawi yang dikenal mudallis yaitu Abu Khalid Ad-Daalani. Hadits ini punya penguat yang juga dhaif sekali dalam riwayat Tirmidzi).



Hadits di atas adalah hadits dhaif namun punya makna yang benar, yaitu setiap orang yang beramal akan dibalas dengan semisalnya pada hari kiamat. Allah Taala berfirman, “Sebagai pembalasan dari Rabbmu dan pemberian yang cukup banyak.” (QS. An-Naba: 36)

Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS. Ar-Rahman: 60)

Ada tiga amalan yang disebutkan di sini: Memberi pakaian pada orang yang telanjang, termasuk yang belum menutupi aurat; Memberi makan pada orang yang lapar; Memberi minum pada orang yang kehausan.

Balasannya apa? Untuk yang memberi pakaian mendapatkan pakaian hijau di surga; Untuk yang memberi makan mendapatkan buah-buahan di surga; Untuk yang memberi minum mendapatkan ar-rahiq al-makhtum (khamar yang dilak) di surga.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tafakur Terbaru