free hit counters
 

Larangan Hubungan Saat Haid: Ini Kajian Ilmiahnya

Eramuslim – HUBUNGAN intim, selain menjadi ritual wajib bagi pasangan suami istri, ternyata menimbulkan beragam manfaat. Namun bagaimana jika hendak berhubungan intim saat datang bulanhaid, yang konon katanya sangat dilarang. Kenapa tak boleh?

Laura Berman, PhD, seorang pakar seks dan terapis, mengungkapkan hubungan suami-istri saat sedang haid itu dapat merugikan kesehatanbaik itu untuk pria maupun wanita. Banyak risiko yang dapat muncul akibat melakukan hubungan intim saat datang bulan.

Berikut ini beberapa risiko yang dapat dialami pasutri jika berhubungan intim saat haid seperti disarikan dari Dokter Sehat:

Penyakit menular seksual

Ketika haid, leher rahim akan terbuka lebar. Hal itu mempermudah masuknya kuman dan bakteri, bahkan bisa menyebar hingga ke rongga panggul. Ketika berhubungan intim dilakukan saat haid, hal itu membuat wanita berisiko tertular hepatitis dan HIV.



Infeksi

Saat haid, dinding vagina akan membengkak atau inflamasi. Ketika terjadi inflamasi, lapisan dinding rahim akan luruh bersamaan keluarnya darah haid. Darah ini kemudian berpotensi menjadi media pengembangan bakteri dan kuman, hal itu dapat mengakibatkan infeksi saluaran kencing, sperma dan prostat pada pria.

Endometriosis

Berhubungan intim ketika haid dapat menyebabkan aliran balik darah haid dari rahim menuju ke saluran indung telur hingga masuk ke dinding perut. Kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya endometriosispertumbuhan sel-sel di luar dinding rahim (endometrium).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tafakur Terbaru