free hit counters
 

Pentingnya Mengingatkan Kematian ke Sesama Muslim

Eramuslim – SETIAP makhluk hidup pasti akan mengalami kematian, dan terkadang manusia terlena dengan kenikmatan dunia sehingga ia lupa bahwa hidupnya tidak akan berlangsung lama.

Lalu apakah saling mengingatkan akan kematian itu jadi penting? Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Masjid Agung Sunda Kelapa Ustadz Agustin Amirudin mengatakan, setiap orang dianjurkan untuk mengingatkan adanya kematian kepada sesama Muslim.

“Sebenaranya setiap orang berkewajiban untuk mengingatkan akan kematian. Hukumnya boleh,” katanya kepada Okezone, Rabu (6/11/2019).

Ia juga menambahkan bahwa mengingatkan kematian adalah bagian dari nasihat, dan seharusnya tanpa diingatkan pun masing-masing orang akan menyadarinya. Sebagaimana yang dinyatakan Rasullullah SAW:

كفى بالموت واعظة



Cukuplah kematian itu menjadi nasihat

Saling menasihati merupakan kewajiban seorang Muslim, begitupun menyadarkan tentang akan datangnya kematian. “Jadi, terhadap peristiwa yang setiap orang pasti mengalaminya, saya pikir, tanpa dinasehati pun orang akan mudah menyadarinya. Memang nasehat menasehati itu kewajiban sesama Muslim,” terangnya.

Ustadz Agus juga mengingatkan bahwa menyadarkan orang dengan adanya kematian harus melalui cara yang halus serta tidak menggurui orang yang akan diingatkan tersebut, dan tanpa mempermalukannya.

“Tetapi Rasulullah juga memberikan nasihat kepada kita dalam hal memberikan nasihat itu hendaknya dengan cara hikmah dan ihsan. Misalnya, menasehati dengan tidak menggurui, tidak di hadapan umum, dengan bahasa lembut dan sopan, tidak mencari-cari kesalahan dan mempermalukan,” pungkasnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tafakur Terbaru

blog comments powered by Disqus