free hit counters
 

Perintah Rasulullah untuk Menuntut Ilmu

Eramuslim – Rasulullah shallallahu a’laihi wa sallam merupakan manusia yang paling sempurna. Beliau merupakan seorang guru besar dan sumber segala ilmu. Banyak sahabat yang menuntut ilmu dari Sang Nabi Besar tersebut.

Kiai M Anwar Manshur mengatakan, sejatinya Rasulullah shallallahu a’laihi wa sallam telah memerintahkan kita untuk memilih salah satu dari empat kriteria saat menuntut ilmu, antara lain:

1. Aliman yaitu kita menjadi orang yang berilmu seperti guru, pengajar.

2. Muta’alliman, kita menjadi orang yang belajar, orang yang menuntut ilmu.

3. Mustami’an kita mendengarkan nasehat-nasehat orang saleh.

4. Muhibban kita mencintai ilmu dan orang-orang yang mempunyai ilmu.



Oleh karena itu, ujar Kiai Anwar, umat Islam terutama santri saat khidmah di luar diniatkan nasyrul ilmi, diniatkan ta’awanu alal birri wattaqwa, diniatkan untuk membantu memudahkan segala urusan masyarakat.

“Hal yang terpenting juga akhlakul karimah, artinya di manapun kita berada yang terpenting kita harus bisa menjaga akhlak kita,” kata Kiai Anwar.

Kita, lanjutnya, jangan pernah merasa menjadi orang nomor satu. “Kita harus bisa tawadhu.”

Seperti dilansir dari website Pondok Pesantren Lirboyo, menurut Kiai Anwar hal yang terpenting umat Islam harus ikhlas ketika menyampaikan ilmu. “Kita tak bisa menjamin apa-apa kecuali pahala dari Allah SWT, kalau kalian ikhlas Insya Allah kalian mendapatkan barakah.” (okz)

Tafakur Terbaru