free hit counters
 

Perumpamaan Rasulullah dan Ajaran Islam

Eramuslim – Rasulullah Nabi Muhammad SAW menyampaikan dan mengajarkan agama Islam yang rahmatan lil alamin kepada umat manusia di muka bumi. Rasulullah SAW dalam sabdanya pernah mengumpamakan dirinya dan ajaran Islam yang disampaikannya.

Nabi Muhammad SAW mengumpamakan dirinya dan agama Islam sebagai seorang yang tulus memperingatkan kaumnya agar selamat dari musuh. Kaumnya yang mendengarkan peringatan akan selamat, sementara kaumnya yang mengabaikan peringatan akan binasa oleh musuh.

Abu Musa menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya perumpamaanku dan ajaran yang dengannya Allah mengutusku adalah bagaikan seseorang yang mendatangi kaumnya seraya berkata, wahai kaumku, sungguh aku telah melihat pasukan musuh, dengan mata kepalaku sendiri, datang untuk menyerbumu dan aku benar-benar pemberi peringatan yang tulus untuk keselamatan dirimu.”

“Maka sebagian kaumnya ada yang patuh dan taat, hingga akhirnya mereka secara perlahan-lahan berangkat pergi dari kampung tersebut pada malam hari untuk menghindari serbuan pasukan musuh. Namun, ada pula sebagian kaumnya yang mendustakan orang yang memberi peringatan dan mereka tetap bertahan serta menetap di kampung itu sampai pagi hari.”

Tapi sayangnya, pasukan musuh menyerbu dan merusak kampung mereka di pagi hari. Itulah perumpamaan orang yang mematuhi dan mengikuti ajaran yang aku (Rasulullah) bawa, serta perumpamaan orang yang durhaka dan mendustakan kebenaran yang aku (Rasulullah) sampaikan.” (HR Muslim). ROL

Tafakur Terbaru