free hit counters
 

Syair Pemicu Tangis Nabi Muhammad dan Kisah di Baliknya

Eramuslim.com – Seorang lelaki mendatangi Rasulullah SAW mengadukan bahwa ayahnya telah mencuri hartanya. Rasulullah kemudian bertanya kepadanya, ”Pergilah dan datanglah kemari bersama ayahmu.”

Ketika lelaki tadi pergi, Malaikat Jibril datang menemui Rasulullah dan bersabda, ”Wahai Muhammad, Tuhanmu mengucapkan salam kepadamu dan berfirman, ‘Jika orang tua anak tersebut tiba, maka tanyakanlah apa yang telah dia ucapkan dalam hatinya yang tidak terdengar oleh kedua telinganya’.” Setelah berkata demikian, Malaikat Jibril pergi. Tidak lama kemudian, lelaki tadi datang bersama ayahnya. Nabi SAW kemudian bertanya kepada ayah lelaki tadi, katanya, ”Mengapa anakmu mengadu bahwa engkau mencuri hartanya?”

”Ya Rasulullah, tanyakanlah kepadanya, harta itu aku dermakan kepada siapa; kepada salah seorang bibinya atau untuk diriku sendiri?” jawab ayah lelaki tadi. ”Perkenankanlah aku untuk tidak membahas hal ini, tetapi ceritakanlah kepadaku apa yang kau ucapkan dalam hatimu yang tidak didengar oleh kedua telingamu?” tanya Rasulullah sebagaimana yang diajarkan Malaikat Jibril sebelumnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Tafakur Terbaru