free hit counters
 

Tiga Tanda Kesempurnaan Amal

Bersegera juga bermakna memberikan yang terbaik. Ialah sebentuk kesadaran, bahwa yang terbaik harus didahulukan agar tidak didahului oleh hal lainnya. Bersegera juga bermakna tidak menunda-nunda kebaikan dengan melontarkan banyak alasan.

Menganggap Kecil

Sebanyak dan sebagus apapun amal yang dikerjakan, ianya tidak akan pernah lebih besar dari nikmat yang dikaruniakan oleh Allah Ta’ala kepadanya. Bahkan, jika berlaku sistem konversi, amal shalih seumur hidup seorang hamba amatlah mustahil bisa menebus satu nikmat yang diberikan oleh Allah Ta’ala kepadanya. Apalagi jika semua karunia yang Allah Ta’ala limpahkan sejak belum berbentuk di dalam kandungan hingga seseorang meninggal dunia.

Maka, semua amal harus dianggap kecil agar seorang hamba tidak berlaku sombong dan bergegas menyusuli amal dengan amal lain yang lebih besar dan lebih bernilai.

Merahasiakan

Adakah layak jika seseorang mempublikasikan sesuatu yang remeh kepada orang-orang sekitarnya? Apalagi jika publikasi bisa berakibat hilangnya sesuatu tersebut. Bahkan bisa membahayakan kehidupannya di kemudian hari.

Begitulah sejatinya dalam beramal. Amal kita itu amat kecil. Lantas, apakah yang menjadi alasan bagi diri untuk mengisahkannya kepada khalayak ramai? [Pirman/Kisahikmah]

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru