free hit counters
 

3 Cara Jitu Mengajarkan Anak Berpuasa

EramuslimAdvertorial

Dilansir dari popmama.com, Bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa hari, artinya Bunda juga berencana mengajak anak berpuasa bukan? Mengajari anak berpuasa sejak dini memang baik, namun orang tua juga harus memperhatikan hal-hal yang harus diperhatikan, agar puasa aman bagi kondisi fisik dan psikisnya. Kalaupun sulit mendidik anak berpuasa dengan mudah, penting untuk mendorong orang tua memantapkan semangatnya dalam urusan agama sedini mungkin.

Berikut rangkuman informasi untuk Bunda :


PEMBIASAAN DENGAN JADWAL PUASA

Petunjuk pertama dari Vera Itabiliana adalah mengembangkan kebiasaan. Dengan terbentuknya kebiasaan puasa keluarga, bukan tidak mungkin anak bisa meniru perilaku atau kebiasaan tersebut nantinya.

Ia menjelaskan kepada staf media: “Mengajari anak-anak berpuasa dilakukan melalui kebiasaan. Biarlah anak-anak terbiasa membangunkan sahur dalam suasana yang menyenangkan dan istimewa serta buka puasa bersama.”

Harap diingat juga bahwa anak-anak berusia 5-7 tahun masih dalam proses pertumbuhan.
Oleh karena itu, orang tua hendaknya tidak lalai dalam memberikan nutrisi dan mengatur waktu istirahat yang cukup. Walaupun ini hanya sekedar latihan, sebaiknya lakukan latihan puasa ini dengan serius. Tujuannya agar anak-anak tahu bahwa pekerjaan sulit harus dikerjakan dengan serius.


MEMBERI PENJELASAN MENGENAI PUASA

Setelah memberikan contoh berupa kebiasaan yang dilakukan oleh keluarga, Mama juga harus memberikannya penjelasan secara detil mengenai ibadah puasa yang diwajibkan oleh agama.

“Kita harus jelaskan juga kalau puasa itu nggak boleh makan, nggak boleh minum, nggak boleh marah-marah, dan itu bagian dari kewajiban umat muslim,” jajarnya lagi.

Gunakanlah kata-kata sederhana pada anak untuk menjelaskan arti puasa padanya, seperti tidak makan dan tidak minum setelah sahur sampai waktu berbuka.

Ceritakan juga apa saja yang Papa dan Mama lakukan di rumah saat berpuasa, agar anak dapat membayangkan apa yang akan terjadi.

Ekspresikan ibadah puasa dengan positif dan menyenangkan, sehingga anak tertarik melakukannya juga.


TIDAK MEMAKSAKAN ANAK UNTUK PUASA PENUH

Terakhir, orang tua hendaknya tidak memaksa anaknya berpuasa di usia ini.

Pasalnya, efek pemaksaan ini dapat berdampak negatif terhadap persepsi anak terhadap puasa. Biarlah keinginan untuk berpuasa muncul dari dalam dirinya.

Meski puasa tidak wajib bagi anak yang belum dewasa, namun secara bertahap melatih mereka bisa menjadi cara untuk mempersiapkan mental dan fisik agar bisa berpuasa seutuhnya seperti orang dewasa.

Dia menyimpulkan: “Jangan dipaksa, bersikaplah fleksibel dan luangkan waktu, sehingga anak bisa bahagia tanpa dipaksa, dan dia bisa melakukannya dengan sukarela, bukan karena takut atau karena kebutuhan.”


BUNDA INGIN MEMBERIKAN NUTRISI TERBAIK UNTUK SI KECIL SAAT BERPUASA??

Kini telah hadir Susu Kambing NutriGOAT yang rasanya nikmat dan tidak berbau prengus sama sekali. NutriGOAT dapat dikonsumsi oleh semua anggota keluarga, rasanya sangat disukai oleh anak-anak, mencegah pengeroposan tulang pada LANSIA, dan untuk Ibu menyusui bisa membantu melancarkan produksi ASI.
Susu Kambing NutriGOAT dihasilkan dari peternakan kambing organik yang diformulasikan dengan Krimer Nabati dan Gula Aren, sehingga rasanya lebih nikmat. Bisa disajikan hangat maupun dingin.
Untuk informasi produk NutriGOAT, pemesanan NutriGOAT, keagenan dan distributor NutriGOAT silahkan klik tombol di bawah.



WhatsApp : 0821-2016-7521
Instagram : https://www.instagram.com/nutrigoat.official/
Facebook : https://www.facebook.com/NutrigoatID/
Website : http://nutrigoat.co.id/
LinkTree : https://linktr.ee/nutrigoat.co.id

YUK DAFTAR MENJADI RESELLER NUTRIGOAT SEKARANG DAN SEGERA DAPATKAN LOGAM MULIA!

Info Produk Terbaru