free hit counters
 

Kok Bisa Sih? Makanan yang Tidak Sehat Menghambat Pertumbuhan Si Kecil?

EramuslimAdvertorial

Sebagai orangtua, Anda mungkin sudah terbiasa mendengar anjuran untuk tidak membiasakan anak mengonsumsi makanan yang kurang mengandung nutrisi agar tumbuh kembangnya optimal. Tahukah Anda mengapa makanan yang tidak sehat dapat menghambat pertumbuhan Si Kecil?

Makanan sehat sangat penting untuk mendukung perkembangan otak dan tubuh anak yang sedang tumbuh pesat. Sayangnya menurut catatan UNICEF, setidaknya 1 dari 3 anak di dunia memiliki pola makan yang tidak sehat. Anak-anak seperti ini biasanya memiliki ciri-ciri bentuk tubuh yang terlalu kurus atau bahkan kegemukan hingga obesitas.
Mengonsumsi makanan tidak sehat juga dapat berefek buruk bagi kesehatan, seperti :

Stunting
Stunting adalah kondisi balita dengan tinggi badan kurang jika dibandingkan dengan umurnya, atau memiliki skor lebih dari minus dua standar deviasi median berdasarkan standar pertumbuhan anak dari WHO. Stunting disebabkan oleh kekurangan gizi kronis karena banyak faktor, seperti kondisi sosial ekonomi hingga kurangnya asupan gizi pada anak.

2. Penurunan nilai akademis anak
Anak-anak yang gemar makan camilan atau minuman tinggi gula terbukti memiliki nilai akademis yang lebih rendah dibanding anak-anak yang jarang mengonsumsi jenis makanan maupun minuman tersebut. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap 850 anak usia sekolah dasar di Amerika.

3. Penyakit tertentu
Anak dengan pola makan tidak sehat berisiko lebih tinggi untuk mengidap berbagai penyakit, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Penyakit yang dimaksud misalnya penyakit jantung (kolesterol dan tekanan darah tinggi), diabetes tipe 2, asma dan masalah pernapasan lainnya (terutama pada anak yang kegemukan atau obesitas), serta osteoporosis di hari tua.

4. Gangguan kesehatan mental
Makanan sehat bukan hanya ditentukan oleh jenisnya, tetapi juga pola makan anak. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang jarang mendapat sarapan bergizi memiliki kondisi mental yang kurang stabil dibanding anak yang sarapan.

Tips memperkenalkan pola makan sehat pada anak
Jika anak Anda tergolong kurus atau kegemukan hingga obesitas, jangan berkecil hati. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memperkenalkan pola makan sehat yang bisa memperbaiki fungsi otak, perilaku, maupun pertumbuhan fisiknya secara bertahap.
Hal-hal yang bisa dilakukan orangtua untuk mengenalkan pola makan sehat adalah dengan:

Memberi contoh
Anak tidak akan mendengar nasehat orangtua untuk makan sayur jika Anda sendiri tidak pernah melakukannya.

Melibatkan anak
Bebaskan anak untuk memilih sendiri jenis sayur atau buah saat berbelanja di pasar atau supermarket. Pada anak yang lebih besar, Anda dapat memintanya membuat menu makannya sendiri, kemudian menemaninya berbelanja untuk mendapatkan bahan-bahannya.

Makan bersama
Anak-anak yang sering makan bersama orangtuanya terbukti memiliki pola makan yang lebih baik dan suka makan sayur dan buah.

Menentukan porsi ideal
Hal penting dalam pola makan sehat bukan hanya soal jenisnya, tapi juga porsinya. Memberi terlalu sedikit dikhawatirkan tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Sementara itu, menyiapkan makanan yang kelewat banyak juga bisa membuat anak obesitas atau kegemukan.

Membatasi makanan manis
Memberi permen atau es krim boleh dilakukan sesekali sambil Anda memberi tahu bahaya terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Tawarkan juga alternatifnya (seperti buah-buahan) dan lakukan pembatasan makanan manis hanya 2-3 kali per minggu.

Catatan dari kami
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang rekomendasi makanan sehat untuk anak, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan Tenaga medis yang terlatih juga dapat memberi solusi pada Anda jika anak terlalu kurus atau terlalu gemuk agar perkembangan otak maupun fisiknya tetap optimal.

Selain itu Anda juga bisa memberikan asupan nutrisi yang seimbang untuk mendukung pertumbuhan Anak, seperti rutin memberikan anak Susu Kambing Etawa. Karena, kini telah hadir Susu Kambing NutriGOAT yang rasanya nikmat dan tidak berbau prengus sama sekali. NutriGOAT dapat dikonsumsi oleh semua anggota keluarga, rasanya sangat disukai oleh anak-anak, mencegah pengeroposan tulang pada LANSIA, dan untuk Ibu menyusui bisa membantu melancarkan produksi ASI.

Susu Kambing NutriGOAT dihasilkan dari peternakan kambing organik yang diformulasikan dengan Krimer Nabati dan Gula Aren, sehingga rasanya lebih nikmat. Bisa disajikan hangat maupun dingin.

Untuk informasi produk NutriGOAT, pemesanan NutriGOAT, keagenan dan distributor NutriGOAT silahkan klik tombol di bawah.



 


Instagram : https://www.instagram.com/nutrigoat.official/
Facebook : https://www.facebook.com/NutrigoatID/
Website : http://nutrigoat.co.id/
LinkTree : https://linktr.ee/nutrigoat.co.id

YUK DAFTAR MENJADI RESELLER NUTRIGOAT SEKARANG DAN SEGERA DAPATKAN LOGAM MULIA!

Info Produk Terbaru