free hit counters
 

Tanah 6 X 16 M

Saya rencana ingin membangun rumah di atas tanah 6×16. Saya mengingin kan adanya 1kmr tdr utama ada kmr mandi di dlm nya 1kmr anak…1kmr pembantu..1ruang utk shalat..1kmr mandi dengan luas tanah yg hanya 96m sy ingin rumah tampak luas terima kasih banyak atas bantuan nya pak

wass

ayu

Assalaamu’alaikum wrwb

Amin Ya Rob, semoga Ibu Ayu juga senantiasa dalam lindungan taufik dan hidayah Allah SWT. Senantiasa dibimbing untuk mengerjakan sunah rasul.

Netters eramuslim.com, apa kabar hari ini anda semua ? Pagi ini saya sungguh penat. Semalaman mengurus mertua yang sudah mulai uzur di usia 81 tahun. Ditambah tiba-tiba orang tua datang mendadak yang meminta bantuan mengenai adiknya yang sakit keras. Dan pagi hari di tengah kantuk yang berat komputer ngadat. Hingga tidak bisa up date file. Belum lagi tagihan bulanan yang sudah menanti.

Inilah hidup. Terkadang sempit. Namun sebenarnya lebih sering lapangnya. Jika sempit, ingat saja masa pengantin baru sang raja sehari. Dijamin segar kembali. Karena jadi husnudzhon pada Allah. Bahwa roda kehidupan senantiasa berputar. Dan yang sempit muaranya lapang.

Baiklah, sekedar sharing dan saling instrospeksi. Tanah kita kali ini 6 x 16 m. saya coba olah disainnya seperti keinginan Ibu Ayu. Ingin lapang dan luas. Ingin lega hingga rumah menjadi nyaman. Untuk itu saya pepetkan ke sisi kanan areal privasi. Dan area service di sisi kiri. Hingga tercipta taman lega di belakang. Juga ruang terbuka untuk jemuran di kiri. Di tengah kita bisa memperoleh musholla dan ruang keluarga serta makan yang lapang.

A. Ruang Tidur

B. Ruang Makan

C. Ruang Tamu

D. Ruang Keluarga

E. Dapur

F. Ruang Tidur Pelayan

G.Ruang Cuci Jemur

H. KM / WC

I. Taman

J. Musholla

K. Teras

L. Carport

Ini bagian mukanya. Tembok kuning adalah ruang tidur depan. Sekaligus dudukan atap pet beton untuk teras tamu yang nyaman. Juga sekalian peneduh bagi selasar dapur sebagai pintu samping. Jadi walaupun kecil rumah ini tetap memiliki 2 akses pintu masuk.

Dan ini bagian atapnya. 3 dimensi bird eye view ini menunjukkan pola atap 1/2 kuda-kuda minimalis yang simple pengerjaannya. Dengan garis kotak-kotak dan box kaca di atas rumah kecil ini terasa lapang tampilannya serta kaya cahaya.

Lalu gambar terakhir. View dari arah belakang. Tangki air di atas kamar pembantu serta teras kecil di belakang menunjukkan fungsi setiap sudut ruang yang dimanfaatkan dengan baik. Box cahaya di atas tetap tidak ketinggalan. Hawa segar mengalir. Hemat listrik pula.



Nah, selesai juga tugas saya hari ini meng-up date eramuslim. Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah yang telah memudahkan urusan hamba-Nya yang dhoif ini. Dan semoga urusan netters sekalian juga dimudahkan Allah. Kita saling mendoakan. karena itulah ciri orang beriman.

Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya, akhirul kalam

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru