free hit counters
 

Beda Cat Dasar dan Plamir

Assalaamu’alaikum wrwb

Terimakasih atas penjelasan Pak Andan mengenai plamir pada pertanyaan saya sebelumnya. Namun setelah membaca jawabannya, maka timbul pertanyaan lagi. Apakah beda cat dasar dan plamir ? Bagaimana cara penggunaannya ?

Terimakasih banyak atas penjelasannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Thamrin – Mampang Jakarta

 

Wa’alaikum salam wrwb

Netters eramuslim, hujan kembali mengguyur kota kita. Beberapa daerah di Jakarta masih ada juga yang tergenang banjir. Terakhir malah daerah Jatiasih tiba – tiba dikirimi banjir kiriman. Istri saya beserta ibu – ibu majlis taklim kini sedang menirim bantuan kesana. Kita doakan semoga mereka diberi kemudahan oleh Allah.

Kini kita kembali berjumpa denga Pak Thamrin. Pertanyaan estafet beliau saya angkat kembali karena hal ini sering ditanyakan netters sekalian. Hal rutin yang akan kita kerjakan manakala tembok sudah encapai tahap finishing.

Pak Thamrin di Mampang – Jakarta, tugas plamir adalah meratakan permukaan tembok yang tidak rata. Untuk itu jika sudah diplamir, maka tembok diamplas terlebih dahulu. Hingga plamir menjadi rata.  Jadi fungsi nya lebih mirip seperti dempul mobil. Sebelum dicat, body mobil yang sudah didempul diamplas terlebih dahulu agar rata permukaannya.

Sementara itu cat dasar tidak bisa berfungsi sebagai plamir. Karena berbeda sifat. Cat dasar bertugas menghemat cat dan juga membuat kualitas warna cat asli menjadi sempurna. Untuk 2 hal ini sama dengan plamir. Namun untuk menutupi keretakan dan meratakan permukaan tembok tidak bisa. Hanya plamir yang mampu melakukannya.

Lalu bagaimana sebaiknya ? Nah, dilapangan sering kali digunakan penggabungan keduanya. Jika tembok aciannya sudah benar-benar lurus sempurna, tembok kita lapisi dulu dengan cat dasar. Setelah itu kita perhatikan, jika masih ada keretakan atau bagian yang agak tidak rata, tutupi area tersebut dengan plamir.



Insya Allah dengan cara demikian tembok kita akan tampil baik dan indah. Karena kualitas warna bersinar sesuai dengan kehendak brosur. Keretakan yang sering terjadi juga menjadi tertutup.

Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat. Dan semoga proses renovasinya berjalan dengan lancar dan baik. Salam buat keluarga di rumah.

Wasslaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru