free hit counters
 

Konsultasi Arsitektur : Renovasi Sisa Tanah Belakang Rumah

Bangun Rumah 123 – Selasa, 28 Safar 1435 H / 31 Desember 2013 16:06 WIB

 

 

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

Saya memiliki sisa tanah di belakang rumah. Rumah saya berukuran standard , hanya 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi di belakang kamar tidur belakang.

Saya ingin menambah ruangan yang terdiri dari : ruang tidur utama, ruang cuci jemur, perpustakaan, ruang pelayan, ruang makan dan ruang keluarga.

Di dalam ruang tidur utama ada kamar mandi dalam nya, lalu di ruang cuci jemur juga ada wc cuci nya.

Demikian pertanyaan saya. Mohon bantuan disain nya

terimakasih

Wassalaamu’alaikum wrwb

Arif

 

Wa’alaikum salam wrwb

pak Arif yang saya hormati,

Rumah yang ada memang terbatas lahannya. Sebenarnya saya ingin membuat disain ini satu lantai saja. Karena jelas lebih praktis dan hemat. Pengerjaannya pun lebih cepat.

Disain yang saya maksud pernah saya tampilkan. Silahkan coba di akses link berikut ini :

/konsultasi/arsitektur/rumah-komplit-di-lahan-6-x-15-m.htm#.Uq7okn_oxko
Namun karena keterbatasan lokasi maka terpaksa disain saya buat 2 lantai. Disisi  kanan ada ruang tidur utama dan kamar mandi dalamnya. Dengan konsep ini maka kita bisa jadikan ruang tidur utama yang di depan sebagai ruang tidur anak atau ruang tidur tamu.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Lalu ruang tengah bisa saya jadikan ruang makan dan ruang keluarga. Ruang lapang ini menjadi semakin segar karena bertemu dengan taman hijau yang di apit oleh dapur dan ruang tidur utama.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Dapur juga jadi segar. Karena walaupun posisinya berada di belakang, ia langsung  bertemu sinar matahari dari taman. Asap kompor bisa dengan bebas bertemu hawa segar dan sinar matahari.

Untuk lantai 2 sebenarnya saya hanya mengikuti pola lantai satu yang sudah apik. Taman di bawah tetap dapat dilihat karena ada void terbuka yang membuat sirkulasi hawa mengalir dengan baik.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Di atas ruang tidur utama saya buat area service. Karena di bawahnya ada kamar mandi utama. Hingga jalur air dari wc cuci ke bawah menjadi mudah. Ukurann area ini juga cukup besar. Hingga daya tampungnya memadai untuk segenap kegiatan service area.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Ruang perpustakaan berada di atas dapur. Karena areanya juga tidak terlalu luas. Dengan pola pembagian seperti ini biaya cor dak beton menjadi minimum. Sesuai dengan kebutuhan dasar pemilik rumah. Segenap ruang tertampung secara ideal. Tidak terlalu luas namun cukup memadai. Hingga hemat dan praktis.

Alhamdulillah, selesai sudah disain kita kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Pak Arif sekeluarga.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wr wb

Ir. Andan Nadriasta

[email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

loading...

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus