free hit counters
 

Kos-Kosan Sederhana

Dadang Rusmana – Rabu, 11 Rabiul Awwal 1432 H / 16 Februari 2011 11:10 WIB

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pak Ustadz.

Awalnya saya membuka website ini utk menambah pengetahuan saya tentang agama islam. Alhamdulillah ternyata  disini jg menyediakan konsultasi arsitektur & kebetulan sekali saya berencana membangun tempat kos di Jogja dengan ukuran bangunan 7x12m. Saya kebingungan dlm membuat desainnya. Mohon kiranya Pak Ustadz dapat membantu saya dlm membuat rancangannya.

Sbg gambaran, bangunan tsb memanjang ke samping (lebar kiri-kanan 12m, ke belakang 7m) dan rencana akan saya bangun 2 lantai yg masing2 lantai terdapat 5 atau 6 kamar (ukuran kamar terserah bapak) dan 2 atau 3 kamar mandi (kamar mandi di luar & terpusat). Di lantai bawah terdapat tempat parkir motor & lantai atas terdapat jemuran. Untuk menjamin keamanannya saya menginginkan hanya ada 1 pintu keluar/masuk gedung. Oh iya Pak Ustadz, mengingat terbatasnya anggaran yang tersedia (sementara baru tersedia 70jt-an) kalau bisa rancangannya di buat dengan pertimbangan biaya seminimal mungkin.

Demikian pertanyaan dari saya, semoga Eramuslim semakin memberikan manfaat bagi ummat & terimakasih kepada Pak Ustadz yang telah meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan saya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Assalaamu’alaikum wrwb

Terima kasih Pak Dadang atas doanya, semoga kami eramuslim.com dapat senantiasa istiqomah berdakwah di layar maya ini. Mengikuti sunah nabi yang senantiasa menyampaikan sesuatu tentang kebaikan walaupun hanya satu ayat. Dan semoga juga maulid nabi kita di bulan ini menjadi penyemangat bagi kita untuk berusaha setia mengikuti apa-apa yang telah disampaikan sang rasul akhir zaman tersebut. Nabi Muhammad SAW yang kita cintai.

Tanah yang ada sangat terbatas. Saya coba otak-atik sana sini. Nampaknya untuk memenuhi keinginan Pak Dadang agak sulit terpenuhi. Karena ada beberapa hal tidak standard yang jadinya dikorbankan. Untuk itu saya coba alternatifnya dengan disain ideal. Agar kos-kosan tetap laku.

Kamar saya buat memanjang dengan ukuran 2,5 x 3,5 m. Kecuali kamar yang paling belakang. Hanya 2 meter saja. Namun panjangnya mentok sampai ke batas kapling sebagai kompensasinya. Kamar mandi di dalam dan ada teras serta taman yang bisa berfungsi menjadi ruang jemur.

Di depan ada teras 1 meter dan taman 1 meter juga. Demikian juga di lantai 2 nya. Ada balkon 1 meter dan void sumber cahaya 1 meter juga. Tangga di depan dekat pintu masuk. Dan Ada kamar mandi di bawah tangga. Lalu di depan ada carport mobil yang juga bisa dipakai untuk motor tentunya.

Berikut gambar interiornya :

Atapnya sederhana saja. Miring ke satu arah. Hingga bisa tercipta ruangan di bwah plafond yang bisa dimanfaatkan seperti pada artikel : /konsultasi/arsitektur/ingin-membangun-rumah-petakan.htm

Dan gambar berikut adalah eksteriornya :

Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi kita semua. Saya berharap dari keterbatasan yang ada dapat di optimalkan sewa kamarnya. Dengan pola kamar mandi dalam dan ruang jemur masing-masing, maka harga sewanya diharapkan bisa lebih tinggi.

Demikian Pak Dadang, semoga ilmu Pak Dadang bertambah sesuai niat awal membuka eramuslim. Karena sesungguhnya innamal a’malu bin niyat. Hadits nabi yangmenyatakan amal itu bergantung dari niatnya. Saking pentingnya hadits tersebut maka kitab Al-Wafi meletakkannya pada hadits pertama. Dan dengan meningkatnya ilmu bapak, semoga tuntunan hidayah semakin terbuka lebar. Hingga semakin terbuka peluang untuk menjadi ahlul jannah. Masuk ke taman firdaus. Amin Ya Robbal ‘Alamin.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus