free hit counters
 

Rumah Minimalis Berkesan Natural ( 2 )

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim

terimakasih atas jawaban pertanyaan kami yang telah di tampilkan di eramuslim.com

/konsultasi/arsitektur/rumah-minimalis-berkesan-natural.htm#.US_grTA2bg4

Ada satu hal yang ingin saya tambahkan lagi. Bagian belakang saya ingin memiliki balkon yang menhadap ke taman. Bagian belakang rumah ingin kami nikmati. Hingga areal privasi bisa menjadi sarana berkumpul keluarga dan menjadi penyejuk pandangan mata.

Demikian Pak Andan. Terimakasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Akhsan – Jogja

 

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Akhsan di Jogja, Terimakasih sudah menunggu cukup lama untuk tayangan ini. Karena padatnya aktivitas dan amanah dakwah yang ada membuat saya harus berbagi waktu untuk dapat senantiasa melayani netters eramuslim. Untuk dapat tetap istiqomah menjawab dan meneliti segenap permasalah mengenai rumah tinggal.

Pada tahap ini kita akan dapat melihat teras samping yang ada di depan dapur sebenarnya adalah jalan akses ke belakang rumah. Melalui kolong di bawah bordes tangga. Hingga area ini bisa juga dijadikan tempat parkir motor jika malam menjelang. Fungsi lain biasanya digunakan untuk tempat meletakkan sepatu dan sandal dalam jajaran rak yang rapi.

 

Untuk lantai satu adalah pengembangan dari lantai satu tahap satu pada artikel yang lalu. Saya hanya menambahkan ruang tidur utama dan kamar mandinya di bagian belakang. Temboknya cukup disambung saja pada konsep disain tahap satu. Jadi tidak terlalu sulit penyambungan ini.

 

Demikian juga lantai 2. Ia merupakan penambahan ruang dari bangunan lantai dua pada disain tahap satu di artikel sebelumnya. Penambahannya juga ada di bagian belakang. Ia merupakan penyambungan tembok dari tembok lama di disain tahap satu. Karena di bawah sudah dibikin lantai dua maka bagian atasnya kita tinggal membuat kamar tidur saja. Jadi mudah dan praktis.

 

Bagian belakang saya buat balkon. Sesuai dengan keinginan Pak Akhsan. Dengan menggunakan grill penahan tampias hujan serta pola atap miring yang eksotis membuat rumah ini tetap berkesan minimalis walaupun dilihat dari belakang. Hingga jika ada garden party di taman belakang kita dapat tetap menikmati kulit muka bangunan yang indah.

Polanya tetap sama dengan tampak muka. Menggunakan tembok bata merah yang di ekspos. Beratapkan asbes yang murah meriah. Dan balkon lantai 2 saya jadikan atap bagi teras di lantai satu. Hingga hemat dan praktis. Kalaupun masih ada tampias ke teras, maka kita tinggal menambahkan pet beton saja.



Demikian Pak Akhsan, semoga berkenan disain ini. Semoga kita dapat senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan ini. Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatika.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru