free hit counters
 

Tanah gerbong 3 X 15 M

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Saya memiliki tanah kecil yang memanjang ke belakang. Lebar muka tanah hanya 3 meter saja. Namun kebelakangnya panjang sekali hingga mencapai 15 meter. Bingung, bagaimana mengolahnya agar bisa jadi rumah minimalis yang menarik. Juga terkesan lapang dan luas.

Kebutuhan saya tidak banyak. Hanya 2 ruang tidur saja. Dapur ingin di depan serta dekat dengan cuci – jemur. Lalu ruang makan dan keluarga digabung saja. Di dalam kamar tidur utama ada km/wc nya. Ruang tamu jika memungkinkan dan juga taman untuk hawa segar.

Demikian pertanyaan kami. Semoga Allah memudahkan segenap urusan eramuslim.com dalam berdakwah.

Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

Assalaamu’alaikum wrwb

Netters eramuslim sekalian, tanah kita kali ini cukup kecil. Bayangkan, depannya hanya 3 meter saja. Namun panjang seperti gerbong kereta api. Dengan panjang 15 meter ke belakang. Beruntung kebutuhan Pak Adri tidak banyak. Hingga saya bisa memasukkannya di satu lantai. Jadi lebih hemat biaya. Karena tidak ada beban struktur lantai 2 yang mahal. Hanya saja ruang cuci jemur yang terpaksa mengungsi ke atas. Karena selain tak ada lagi ruang tersisa, akan lebih baik juga jemuran di atas. Cepat kering dan segar terkena angin semilir.

Berikut denahnya :

a. Teras

b. Ruang Keluarga

c. Ruang Makan

d. Ruang Tidur Anak

e. Ruang Tidur Utama

f. KM / WC

g. Taman

h. Dapur

i. Carport

Tampak muka saya buat agak unik. Dengan tembok miring. Ada maksudnya. Agar kesan sempit hilang. Karena fokus perhatian pecah pada ‘eye cathing’ sudut lancip. Ditambah dengan tembok oranye berdiri tegak gagah menghadap jalan. Akan menambah kesan lapang.

Masih ada teras kecil di depan untuk terima tamu atau sekedar duduk-duduk. Karena memang di dalam tidak ada ruang tamu secara khusus. Terasnya menyatu saja dengan carport. Hingga multifungsi. Mobil yang masuk juga mudah tidak terhambat.

Di belakang masih ada taman sedikit. Untuk hawa kamar mandi dan kamar tidur utama. Jadi setiap ruang benar-benar memperoleh hak nya dengan baik dan benar. Dan taman kecil ini juga berfungsi sebagai areal privasi keluarga. Sekedar duduk santai berdiskusi tentang masa depan keluarga.

Gambar terakhir menunjukkan tangki air di ruang jemur lantai atas. Jadi area ini benar-benar multifungsi. Kegiatan service bertumpu di daerah ini. Hingga tukang yang ingin memperbaiki atap juga mudah mengaksesnya.



Demikian ulasan singkat kali ini. Saya harus pindah ke tumpukan email yang lain. Beberapa sudah saya pilih untuk siap tayang. Beberapa lagi sedang saya pelajari. Dan ada banyak lagi yang tidak bisa naik tayang karena kekurangan data.

Mohon maaf jika ada kekuarangan. Karena keterbatasan kami disini. Semoga edisi kali ini bermanfaat bagi pemirsa sekalian. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru