free hit counters
 

Apakah Kutil Berbahaya Dan Apa Obatnya???

 Assalamu’alaikum warohmatulloh,dokter…

saya gadis berusia 22 tahun, kira-kira setahun yang lalu ada kutil  tumbuh dibelakang daun telinga saya. Awalnya hanya terasa gatal kemudian timbul kutil sebesar biji cabai berwarna putih (tahi lalat kan warnanya hitam), lama-kelamaan semakin membesar dan sekarang ukurannya sebesar biji jeruk.

Yang saya ingin tanyakan apakah kutil itu berbahaya dan dapat bertambah lagi besarnya?? bagaimana cara mengobatinya (saya takut seperti manusia akar)??  apakah kutil bisa hilang tanpa operasi (karena saya takut bila harus operasi)??

Syukron

Wassalamu’alaikum warohmatulloh..

Assalamu’alaikum Wr.Wb.



Kutil atau dalam istilah medis disebut sebagai veruka adalah tumor jinak yang disebabkan oleh human papiloma virus (HPV). benjolan ini sangat jarang sekali berubah menjadi ganas, sehingga secara medis kutil ini tidak membahayakan. Hanya saja kutil ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya dan dapat mengganggu secara kosmetik dan menimbulkan rasa sakit jika kutil (veruka) terdapat di telapak kaki.

Veruka (kutil) kadang dapat hilang sendiri, tetapi ada juga kutil yang sulit hilang sehingga membutuhkan bantuan untuk menghilangkannya. Untuk menghilangkan kutil secara alami dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Menjaga kebersihan badan secara umum.
2. Memperbanyak konsumsi makanan tinggi anti oksidan yang berasal dari sayur dan buah – buahan.
3. Membuat campuran minyak kelapa (VCO) dengan beberapa herbal yang bersifat sebagai antivirus antara lain habbatussuda, sambiloto, meniran, mahkota dewa, dan tapak dara. (kalau tidak mau repot, Anda bisa mencapurkan 1 sendok VCO dengan habbat extract, abioticaps dan vincoblas masing – masing 1 kapsul) oleskan campuran tersebut 3-4 kali sehari. Allohu’alam bisshowab.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru