free hit counters
 

Belum Haid Setelah Operasi Sesar

Ass dok,sy operasi sesar tgl9 Maret setelah itu saya nifas kurang lebih 60 hari. selama 40hari darah yg keluar teratur tp tidak banyak setelah 40hari Darah ttp keluar meski jarang2 sampai kurang lebih 60 hari. Setau saya dari guru ngaji saya, sesedikitnya nifas secipratan (B.Arab:lahdzotan), umumnya 40 hari dan paling banyak 60 hari, benar seperti itu kan dok?jd saya tenang saja nifas sampai 60hari. Jd kira2 berhenti akhir Mei. Setelah itu saya  memutuskan untuk KB Suntik 3bulan pd Hari Rabu tgl 9 Juni. Kata bidan, tdk boleh berhubungan dgn suami seminggu.Pada malam Rabu depannya saya berhubungan dengan suami. Setau suami saya, dia ejakulasi diluar (maaf), saya juga taunya begitu tp saya khawatir juga,jgn2 ada yg masuk sedikit. Yang ingin saya tanyakan koq saya belum pernah haid lagi sampai sekarang sejak operasi sesar?

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Masa nifas merupakan waktu yang diperlukan oleh rahim untuk pemulihan setelah melahirkan, umumnya nifas berlangsung selama 40 hari. Setelah masa nifas selesai rahim diharapkan sudah pulih seperti sediakala, dan subur kembali sehingga siap untuk kehamilan berikutnya.

Sehingga bagi wanita yang ingin menunda kehamilan berikutnya, biasanya harus sudah menggunakan alat kontrasepsi KB sebelum masa nifas berakhir.
KB suntik 3 bulanan biasanya menyebabkan penggunanya tidak mendapatkan mentruasi. Jadi jika ibu sampai saat ini belum mendapatkan mentruasi, kemungkinan besar karena penggunaan KB suntik tersebut. Tetapi tidak ada salahnya ibu melakukan tes kehamilan, agar ibu tidak merasa was-was terus menerus. (sf/)

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus