free hit counters
 

Bersin Dan Pilek Terus Menerus

Assalamu’alaikum Wr Wb

Pak Dokter,

Belakangan ini saya sering sekali bersin-bersin dan langsung hidung tersumbat, biasanya terjadi pada saat setelah mandi pagi dan pada hawa yang dingin, tetapi tekadang juga terjadi pada saat ditempat yang berdebu, ketika bersin hal itu bisa terjadi lebih dari 7 kali bersin,

beberapa bulan yg lalu saya rutin donor darah dan terkadang juga bekam di klinik sehat di Jl Swadarma, tetapi kebiasaan itu sudah tidak dilakukan sekitar 6 bulan yg lalu,

pertanyaan saya, apa yg menyebabkan saya suka bersin-bersin?? bagaimana cara mengobatinya?? apakah melepaskan kebiasaan bekam dapat menyebabkan hal ini??

terima kasih atas perhatian dan jawabannya

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bersin- bersin dan hidung tersumbat pagi hari tanpa disertai demam secara medis disebut sebagai rhinitis alergi. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh sedang kurang fit ditambah dengan udara dingin di pagi hari.



Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan istirahat cukup, memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, minum madu hangat, teh rosella dan habbatussauda serta imunocaps dan dapat juga dilakukan bekam.

Selain itu sebaiknya menghindari penggunaan AC atau kipas angin pada malam hari, mandi dengan air hangat dan terkena sinar matahari pagi agar bersin – bersin dan hidung tersumbat tidak mudah hinggap ke tubuh kita.

Bekam jika dilakukan secara rutin akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kita tidak mudah terkena penyakit. Perlu kita ketahui pula bahwa munculnya penyakit tergantung dari faktor lainnya, seperti makanan, lingkungan, dan daya tahan tubuh.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru