free hit counters
 

Gula Rendah Kalori

Khairul Hidayat – Senin, 3 Zulqa'dah 1429 H / 3 November 2008 09:24 WIB

Assalamualikum wr. wb.

Pak dokter, saya ingin menanyakan tentang gula rendah kalori yang beredar di pasaran:

  1. Apakah fungsinya sama dengan gula alami ( gula tebu )?
  2. Adakah efek sampingnya bagi tubuh kalau dipakai tiap hari karena saya lihat daftar isinya adalah gula sintetis ( tidak ada petunjuk maksimal penggunaan )?
  3. Saya pernah dengar ada dokter bilang bahwa gula alami masih bisa ditolelir oleh sistem tubuh, bagaimana dosis yang aman mengkonsumsi gula?

Terima kasih pak dokter

wassalamualaikum wr.wb

Wa’alaikum salam ,wr.wb.

Bapak yang saya hormati, mohon maaf sebelumnya. Untuk semua jenis produk makanan yang terbaik memang berasal dari alam/alami. Tetapi kita jangan salah menganggap yang bersifat sintetik itu alami. Karena di manapun juga bila selalu kita lihat kembali ternyata yang alami di sini yaitu betul-betul kita ketahui pengolahannya. Banyak berbagai produk makanan yang bersifat alami ini diproduksi sebanyak-banyaknya tetapi ini malahan dapat merusak sendiri kandungannya. Karena untuk membuat produk-produk alami ini sanganlah mahal produksinya.

Penggunaan gula di sini haruslah tetap bapak kontrol, walaupun itu telah terjamin sekali kealamiannya. Karena berbagai macam penyakit akibat kelebihan gula sangatlah berbahaya, seperti kencing manis. Penggunaan gula yang baik dalam sehari haruslah kita takari kurang lebih dari 100-200 garm saja pada orang dewasa. Dan kita usahakan mencari bentuk pengganti gula seperti madu atau berbagai macam sari buah.

Madu di sini pun juga yang betul-betul kita ketahui keasliannya, karena begitu banyak madu yang telah dicampur dengan larutan gula sebagai penambah manis dan untuk menambah banyak secara kwantitas. Madu juga salah satu obat yang dianjurkan Nabi, selain sifat alaminya yang pasti tanpa campur tangan manusia. Dan juga madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti panas badan yang tinggi, gangguan lambung, infeksi lambung dan usus, sembelit dan sebagai pengganti gula pada penderita kencing manis. Semoga ini dapat menjadi bahan pertimbangan bapak. Selamat mencoba semoga Alloh SWT selalu melindung kita. Amien !!!

Wassalamu’alaikum,wr.wb.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus