free hit counters
 

Haid Berkepanjangan

Asslm dok sya mau bertanya,

Baru 2 mggu sya menggunakan spiral / IUD, lalu seminggu kemudian sya mendptkan haid, normalnya sya haid slama seminggu atau 7 hr tetp sampai hr ke 13 msh terdpt bercak alias spot diselingi esok hrnya mjd haid yg banyak. Sya prnh mendengar bhwa ketentuan haid yg melebihi hr normalnya (7hr) diartikan sbg darah penyakit jd diwajibkan utk kemudian sholat, apa benar spt itu dok? bknkah kita melaksanakan sholat hrs dlm keadaan bersih dan kalaupun saya menjlnkan sholat apa bole dgn menggunakan pembalut? terimakasih utk menjwbnya dokter, wasslm

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.



Umumnya wanita yang menggunakan spiral / IUD tetap mendapatkan mentruasi. Pada kasus ibu jika terjadinya spotting pada saat kebiasaan ibu mentruasi (selama 7 hari), maka bisa dianggap sebagai darah mentruasi. Selebihnya jika masih terdapat perdarahan maka dianggap sebagai darah istihadoh.

Untuk itu pada saat dianggap darah istihadoh berlaku bagi ibu adalah hukum orang yang suci, yaitu ibu tetap sholat, puasa, itikaf, membaca Alquran, menyentuh dan membawa mushaf.

Dan untuk menjalankan sholat, Ibu wajib berwudhu pada setiap kali akan melaksanakan salat, membersihkan dan mencuci kemaluannya sebelum berwudhu dan menutupinya dengan secarik kain atau pembalut untuk menghindari keluarnya darah tersebut. Sebagaimana sabda Nabi SAW ketika ditanya tentang darah istihadah, Nabi saw. menjawab, “Berwudhulah pada setiap shalat.” (HR al-Bukhâri).
Wallahu a’lam bish-shawab.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

loading...

Klinik Sehat Terbaru