free hit counters
 

Madu Bisa Tercemar, Akibatnya Sungguh Mencengangkan

habbats – Jumat, 6 Januari 2017 10:06 WIB

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum
Apakah madu bisa juga tercemar logam berbahaya? Dan apakah madu ada expired date nya?

Tn. Arman, 55 tahun

Jawaban :

Wa’alaykumussalam

Sebagai produk alam, madu pun bisa tercemar oleh logam berbahaya. Hal ini bisa terjadi akibat tidak langsung dari penggunaan pestisida ataupun adanya polusi udara dan air.

Beberapa jenis mineral logam berbahaya seringkali mencemari madu di dalam proses pengumpulannya. Di antara cemaran logam yang berbahaya tersebut adalah kandungan Timbal (Pb), Tembaga (Cu) dan Arsen (As).

  1. Arsen (As)

Arsen dapat menyebabkan munculnya kanker paru dan hati, Kerusakan ginjal, Kerusakan lambung dan Sakit kerongkongan. Menurut National Institute for Occupational Safety and Health (1975), arsen inorganik bertanggung jawab terhadap berbagai gangguan kesehatan kronis, terutama kanker. Arsen juga dapat merusak ginjal dan bersifat racun yang sangat kuat.

  1. Timbal (Pb)

Logam timbal (Pb) dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, makanan, dan minuman. Logam Pb tidak dibutuhkan oleh manusia, sehingga bila makanan tercemar oleh logam tersebut, tubuh akan mengeluarkannya sebagian. Sisanya akan terakumulasi pada bagian tubuh tertentu seperti ginjal, hati, kuku, jaringan lemak, dan rambut. 
Timbal menyebabkan seseorang terserang keracunan yang diawali dengan gejala sakit perut, Sakit kepala, Tubuh limbung, Kejang kejang, Tekanan darah menurubn, Muntah muntah, Terserang diare bahkan pingsan mendadak.

  1. Tembaga (Cu)

Logam Cu diperlukan oleh berbagai sistem enzim di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, Cu harus selalu ada di dalam makanan. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar kadar Cu di dalam tubuh tidak kekurangan dan juga tidak berlebihan.

Kebutuhan tubuh per hari akan Cu adalah 0,05 mg/kg berat badan. Pada kadar tersebut tidak terjadi akumulasi Cu pada tubuh manusia normal. Konsumsi Cu dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan gejala-gejala yang akut.

Bahaya yang ditimbulkan:
Logam berat tembaga yang masuk dan mengendap dalam tubuh manusia dalam intensitas yang sangat tinggi dapat menimbulkan alergi gatal dan kemerahan yang tidak mudah disembuhkan, Dapat merusak plasenta bayi pada ibu hamil dan iritasi gastrointestinal akut.

Maka sangat penting untuk memastikan bahwa madu yang anda konsumsi bebas dari cemaran logam berbahaya tersebut.

Tentang expired date atau kadaluarsa, madu pun memiliki tanggal kadaluarsa, karena madu juga bisa rusak oleh karena bakteri dan juga proses fermentasi.

Madu Yang Bebas Cemaran Logam Berbahaya

Madu Yang Bebas Cemaran Logam Berbahaya

Dalam hal potensi cemaran logam berbahaya, kami merekomendasikan madu ROYAL FIRDAUS yang sudah mendapat sertifikat uji bebas logam berbahaya, dimana di dalam pemeriksaan laboratorium terhadap madu ROYAL FIRDAUS tidak didapati cemaran logam arsen, timbal maupun tembaga.

TEAM HABBAT’S INSTITUTE

Untuk mendapatkan produk MADU ROYAL FIRDAUS , anda dapat menghubungi kontak person kami:

  • 0878 2855 2870 (Denny)
  • 0812 2000 9444 (Ramdan)

Untuk wilayah Jabodetabek pemesanan dan pertanyaan tentang produk bisa kepada :

  • 0812 8380 1892 (Taufik)
  • 0812 1041 7729 (Boby)

Konsultasi gratis dengan team Habbats Institute :

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus