free hit counters
 

Membuka Saluran Tuba Falopi Yang Tersumbat

 Assalamu’alaikum wr wb.

Dok, saya menikah Agustus 2008, Oktober 2008 saya hamil tapi Desember 2008 saya mengalami blighted ovum saat usia kandungan 10 minggu. Jaringannya keluar sendiri sehingga saya tidak dikuret, hanya dikasih obat sama dokter kandungan. Sampai satu tahun kemudian saya belum hamil dan kami (saya & suami) memutuskan untuk konsul ke dokter kandungan. Januari 2010 saya diHSG dan ternyata ada penyumbatan di tuba falopi. Kemudian saya diterapi diatermi 6 hari dengan diiringi suntikan antibiotik, lalu hidrotubasi 2x selama 2 bulan berturut-turut. Juni 2010 saya diHSG lagi dan ternyata masih ada sumbatan. Kata dokter kandungan, sel telur saya kecil, hasil lab untuk hormon & ACA bagus, TORCH negatif, dan hasil tes sperma suami bagus. Dokter menyarankan untuk laparoskopi atau bayi tabung, tapi saya belum siap karena kemungkinan berhasilnya kecil.

Yang ingin saya tanyakan:

1. Apa penyebab terjadinya sumbatan dok? mengingat saya sudah pernah hamil (meskipun BO), brarti sebelumnya sudah terjadi pertemuan sel sperma & ovum.

2. Adakah herba untuk membuka saluran tuba yang tersumbat & untuk memperbesar sel telur?

3. Amalan/ibadah apa yang harus kami lakukan agar segera dikaruniai anak?

Atas jawaban dari dokter, saya ucapkan jazakallah khairan katsira

Wassalamu’alaikum wr wb.



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Sdr Diah yang dirahmati Allah SWT,

Penyebab tersumbatnya tuba secara teoritis adalah karena infeksi. Pada kasus ibu, awalnya saluran tuba normal (ditandai dengan kehamilan, meskipun keguguran / blighted ovum), dan setelah itu ibu belum bisa hamil lagi dan ternyata tubanya mengalami penyumbatan.

Secara khusus, tidak ada herba yang berfungsi membuka saluran tuba yang tersumbat. Tetapi, mudah – mudahan dengan tips berikut ini, ibu dapat segera mendapatkan kehamilan :
1. Tingkatkan ibadah sholat dan ibadah wajib lainyya
2. Rutinkan berpuasa sunnah senin kamis, atau puasa daud. Karena dengan puasa insyaallah dapat memperbaiki sistem reproduksi.
3. Rajin bersedekah.
4. Ihlas dan pasrah kepada Alloh SWT
5. Berbekam untuk melancarkan aliran darah di daerah rahim dan sekitarnya.
6. Mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti habbatussauda, jus brokoli, wortel, anggur dan lainnya.
7. Rajin berolahraga, untuk melancarkan peredaran darah.
Semoga Allah SWT memberikan yang terbaik bagi Ibu dan keluarga. Amiin
Wassalam.

loading...

Klinik Sehat Terbaru