free hit counters
 

Menakjubkan! Penelitian Ini Mengungkap Manfaat Minyak Zaitun Terhadap Usus

habbats – Rabu, 3 Jumadil Akhir 1438 H / 1 Maret 2017 06:17 WIB

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

Saya membaca bahwa konsumsi minyak zaitun itu sebaiknya diminum langsung. Apakah dengan cara seperti itu tidak mengganggu pencernaan? Apakah tidak mengganggu lambung dan meningkatkan asam lambung? Atas jawabannya kami haturkan terimakasih.

Ny. Siti B, Sumedang

Jawaban :

Waalaykumussalam warahmatullaahi wa barakaatuh

Yang anda sampaikan adalah benar, bahwa konsumsi minyak zaitun ekstra virgin yang terbaik adalah diminum langsung setidaknya dosis 2 sendok makan per hari. Adapun efeknya terhadap pencernaan, kami akan sampaikan beberapa ulasan dan riset mengenai hal itu.

Usus besar dan usus halus sangat penting dalam proses pencernaan makanan  untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh. Konsumsi minyak zaitun dapat meningkatkan efisiensi kerja usus. Minyak zaitun juga membantu usus agar dapat menyerap lebih banyak vitamin dan mineral dari makanan yang  dimakan, yang membuatnya bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan pencernaan.

Beberapa peneliti dari School of Medicine, University of East Anglia Inggris, mengikuti perkembangan lebih dari 25.000 orang, yang berusia 40-65 tahun, antara 1993 dan 1997. Tak seorang peserta pun menderita radang usus besar pada awal riset. Hingga tahun 2002, ada 22 peserta terserang penyakit radang itu. Para peneliti tersebut membandingkan makanan semua orang itu dengan mereka yang tak terserang penyakit tersebut dan mendapati bahwa mereka yang mengonsumsi paling banyak “oleic acid” yang terdapat pada minyak zaitun,  menghadapi kemungkinan 90 persen lebih kecil untuk terserang ulcerative colitis atau penyakit akibat radang usus besar. Dari fakta ini para ahli di Inggris mengindikasikan bahwa peningkatan konsumsi minyak zaitun dapat menekan resiko mengidap ulcerative colitis atau penyakit akibat radang usus besar.

Penelitian tentang kegunaan minyak zaitun juga datang dari Spanyol. Peneliti Spanyol menyarankan bahwa menjadikan minyak zaitun bagian dalam diet Anda bermanfaat untuk mencegah kanker usus.  Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa tikus yang diberi diet yang dilengkapi dengan minyak zaitun memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus dibandingkan yang menggunakan minyak safflower (sejenis kunyit). Bahkan tikus yang menerima minyak zaitun memiliki tingkat kanker usus hampir serendah yang diberi makan minyak ikan, yang beberapa studi telah mengaitkannya dengan penurunan risiko kanker usus besar.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi “Gracas y Aceites,” sebuah jurnal yang berfokus pada peran lemak dan minyak dalam makanan manusia 2004, menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi sekresi asam lambung. Ini menunjukkan bahwa minum minyak zaitun justru bagus bagi penderita maag.

Demikian, semoga jawaban kami bermanfaat.

 

TEAM HABBAT’S INSTITUTE

Minyak Zaitun, Penjaga Kesehatan Usus

Untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun secara sempurna, kami menyediakan produk AZ ZAITUN dan juga NIGELLIVE

Untuk mendapatkan produk AZ ZAITUN dan NIGELLIVE , anda dapat menghubungi kontak person kami:

  • 0878 2855 2870 (Denny)
  • 0812 2000 9444 (Mujahid)

Untuk wilayah Jabodetabek pemesanan dan pertanyaan tentang produk bisa kepada :

  • 0812 8380 1892 (Taufik)
  • 0812 1041 7729 (Boby)

Konsultasi gratis dengan team Habbats Institute :

loading...

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus