free hit counters
 

Menstruasi

Assalamualaikum,

Dokter, bulan ini volume darah menstruasi saya sangat berlebih. Namun siklusnya teratur. Biasanya saya menstruasi selama 7 hari, dan di hari ke-5 biasanya darah sudah tidak banyak keluar. Namun di bulan ini, pada hari ke-5 menstruasi saya sangat berlebih, bahkan melebihi hari pertama yang biasanya paling "banjir" selama siklus menstruasi berlangsung. Baru 30 menit ganti pembalut sudah harus ganti lagi. Akibatnya saya jadi cepat merasa pusing. Saya belum menikah dok, dan tidak suka mengonsumsi obat-obatan apapun. Dan saya juga merasa tidak sedang berada dalam kondisi stress atau apapun. Mohon penjelasan dan saran dari dokter. Terima kasih.

Wassalam.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.



Keluarnya darah mentruasi yang berlebih dari biasanya dengan lama mentruasi yang tetap dalam istilah medis dikenal sebagai hipermenore. Kelainan ini bisa disebabkan karena gangguan organik, seperti adanya mioma, endometritis (infeksi rahim), polip endometrium maupun adanya gangguan pembekuan darah.

Selain itu, hipermenore juga bisa bersifat fungsional yaitu karena adanya gangguan hormon kewanitaan (estrogen dan progesterone).

Dari apa yang Sdr tulis, gangguan menstruasi Sdr dapat dikategorikan sebagai hipermenore. Saran saya, sebaiknya Sdr memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebabnya, sehingga dapat ditangani secara optimal. Karena biasanya jika kasus ini tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyebabkan timbulnya anemia berat akibat keluarnya darah terlalu benyak. (sf/)

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Klinik Sehat Terbaru