free hit counters
 

Peluang Melahirkan Normal Setelah Cesare

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ust. yang saya muliakan, ada hal yang ingin saya tanyakan mengenai operasi cesare.

Istri saya, pada bulan Nopember 2009, melahirkan secara cesare, dengan usia janin baru 8 bulan 2 minggu. Cesare ini terpaksa dilakukan karena dokter memvonis janin begitu stress di kandungan (sebelumnya istri saya jatuh dengan posisi duduk), walau cairan ketuban masih baik dan belum pecah.

Permasalkahanya adalah:

  1. Sampai saat ini, 8 bulan berlalu, jahitan pada bekas operasi terkadang masih perih. Apa itu normal?
  2. Kami, begitu merindukan anak yang banyak, agar banyak pula yang mendoakan kami dan sebagai penyejuk hati kami. Apakah dengan adanya operasi cesare pada anak pertama, secara keilmuan, peluang untuk mempunyai anak banyak (4-6 anak) semakin kecil?
  3. Berapa jarak agar istri bisa melahirkan kembali tetapi secara normal? Jika istri saya, sekarang hamil, berapa peluang untuk melahirkan secara normal?

Demikian Ust. pertanyaan yang ingin saya ajukan. Semoga menjadi sumber ilmu bagi kami dan bermanfaat. Oiya, perlu Ust. ketahui, saat ini istri saya baru berusia 27 tahun.

Terimakasih atas jawabannya. Allah Ta’ala-lah yang akan membalas segala kebaikan Ust.

Wassalammualaikum wr wb.

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Bpk Satrio yang dirahmati Allah SWT, semoga Bpk dan keluarga selalu dalam keadaan sehat wal afiat.

Seorang wanita yang melahirkan secara operasi caesar masih dimungkinkan pada kehamilan berikutnya dapat melahirkan secara normal, dengan syarat kelahiran caesar yang pertama tersebut bukan karena jalan lahir (panggul) yang sempit atau kelainan anatomi lainnya yang bersifat menetap.



Pada kasus istri Bpk, operasi caesar dilakukan karena kondisi janin yang stress, bukan karena jalan lahir / panggul sempit. Sehingga pada kehamilan selanjutnya istri Bpk dapat melahirkan secara normal. Hanya saja untuk kelahiran normal biasanya dibutuhkan persyaratan, antara lain kehamilan berikut terjadi setelah anak usia 2 tahun, kondisi jahitan aman, dan tidak ada komplikasi pada jahitan (sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang melakukan operasi).

Peluang untuk mempunyai anak 4 – 6 masih terbuka lebar, apalagi jika kelahiran selanjutnya dapat berlangsung secara normal.

Semoga Allah SWT memberikan yang terbaik untuk Bapak dan keluarga. Amiin. (sf/)

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus