free hit counters
 

Ikhtiar Hababatussauda Tangani Kemandulan Pria dan Wanita

Redaksi – Senin, 24 Safar 1439 H / 13 November 2017 17:43 WIB

EramuslimAdvertorial

Menurut dunia medis definisi infertilitas adalah: Istilah yang digunakan untuk menyebut pasangan yang belum mempunyai anak walaupun sudah berhubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi dalam kurun waktu satu tahun.

Infertilitas itu sendiri ada 2 jenis yaitu:
Infertil primer yaitu masalah ketidaksuburan yang terjadi pada wanita yang memang belum pernah hamil
Infertil sekunder yaitu masalah ketidaksuburan yang juga terjadi pada wanita namun sudah pernah hamil dan melahirkan sebelumnya, namun sulit mendapatkan keturunan setelahnya.

Faktor Penyebab Infertilitas (kemandulan) pada Pria
Sperma buruk. Kualitas sperma menentukan akan terjadinya kehamilan. Hal ini menyangkut bentuk sperma dan gerakannya yang tidak sempurna (normal), maka tidak akan mampu mencapai sel telur. Berikutnya adalah konsentrasi sperma yang rendah, secara medis ukuran normal (sehat) adalah 20 juta atau lebih sperma/ml semen. Hal ini bisa terjadi akibat memakai celana ketat, alkohol, merokok, kelelahan atau terlalu sering berejakulasi.

Kelainan genetik. Sindroma klinefelter atau kelainan genetik menyebabkan seorang pria mempunyai satu kromoson Y dan dua kromoson X. Hal ini mempengaruhi pertumbuhan testis sehingga pria tersebut sedikit saja atau bahkan tidak memproduksi sperma sama sekali.

Gangguan hormonal. Hormon testosteron yang terganggu bisa menghambat produksi sperma. Untuk merangsang agar testis memproduksi sperma, diperlukan hormon dari kelenjar pituitari. Bila hormon tersebut terganggu, jumlah menurun atau bahkan tidak ada, maka testis tidak akan bekerja sempurna.

Impotensi, yaitu bila aliran darah ke penis tidak normal maka penis tidak bisa berdiri dan berejakulasi.

Varikokel, yaitu pelebaran pembuluh darah vena didaerah buah zakar.
Saluran sperma yang tersumbat, yaitu hal ini bisa saja merupakan bawaan lahir, atau adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Pengaruh radiasi dan obat. Radiasi serta obat-obatan tertentu bisa mempengaruhi kualitas sperma, fungsi testis dan hormon reproduksi dan menyebabkan masalah kesuburan.

Faktor Penyebab Infertilitas (kemandulan) Pada Wanita

Endometriosis. Adalah ketidaknormalan pertumbuhan jaringan implan diluar rahim atau uterus, padahal normalnya hanya tumbuh didalam rahim.

Faktor hormonal. Terjadinya kelainan hormon reproduksi, seperti lutein dan perangsang folikel dapat menghalangi terjadinya pelepasan sel telur.

Penyumbatan ovarium. Salah satu penyebab dari kemandulan wanita yaitu adanya penyumbatan pada bagian saluran telur. Hal ini bisa terjadi akibat dari penyakit kelamin menular ataupun radang panggul. Kondisi tersebut akan menyebabkan sel telur tidak akan bisa dibuahi oleh sel sperma.

Gaya hidup. Faktor selanjutnya yaitu gaya hidup tidak sehat mengakibatkan kualitas sel telur menurun. Selain itu, stress juga menjadi salah satu pemicu infertilitas pada wanita. Berat badan berlebih (obesitas) ikut mempengaruhi dan tidak ketinggalan yaitu bertambahnya usia sehingga tidak lagi produktif.

Untuk masalah kesuburan yang berkaitan dengan abnormalitas sperma, terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa habbatussauda atau Nigella sativa dapat memperbaiki kondisi tersebut. Di antaranya sebagai berikut :

Effect of Fixed Oil of Nigella sativa on Male Fertility in Normal and Hyperlipidemic Rats.

Dalam penelitian ini ditunjukkan bahwa pemberian minyak Habbatussauda dosis 0,5 mL untuk setiap seekor tikus jantan selama dua bulan, baik tikus jantan yang normal maupun yang mengalami hiperlipidemik, terjadi perubahan pada kesuburannya. Dimana pemberian minyak Habbatussauda dosis tersebut dapat meningkatkan index fertilitas/kesuburan yang bermanifest pada meningkatnya bobot vesicle seminalis. Selain itu terjadi juga kenaikan level testosterone, meningkatnya motilitas sperma, meningkatnya jumlah sel sperma dan berkurangnya abnormalitas sperma. Tentu saja ini potensi terapi yang sangat menggembirakan bagi pria yang mengalami gangguan kesuburan, walaupun penelitian ini masih baru pada tingkatan binatang percobaan.
Penelitian ini dilakukan oleh Pharmacology Department, National Research Center, Mesir. Dimuat di International Journal of Pharmacology tahun 2007, 3(1): 27-33.

Effects of Nigella sativa L. seed oil on abnormal semen quality in infertile men: A randomized, double-blind, placebo-controlled clinical trial

Dalam penelitian ini diteliti sejumlah laki-laki yang infertile, dimana terdapat kelainan dalam hal jumlah sperma, motilitas/pergerakan sperma dan juga morfologinya. Sediaan yang diberikan adalah habbatussauda dalam bentuk minyak dosis 2,5 ml sehari diminum dua kali, dalam jangka waktu selama dua bulan.

Setelah dua bulan konsumsi rutin, para lelaki yang diriset tersebut diperiksa kondisi spermanya. Lalu dibandinhkan dengan kelompok uji pembanding yang hanya dikasih plasebo dan kelompok yang diberi cairan paraffin 2,5 ml.

Hasilnya mencengangkan, karena kelompok yang diberi habbatussauda menunjukkan perbaikan kualitas yang sangat signifikan baik dari segi jumlah sel, morfologi dan motilitas sel sperma.

Riset ini diterbitkan oleh Journal Phytomedicine 21 (2014) 901–905, Pharmacology and Applied Medicine Department of Medicinal Plants Research Center, Institute of Medicinal Plants, ACECR, Alborz, Karaj, Iran
Berkaitan dengan wanita, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan habbatussauda dapat meningkatkan hormon kesuburan (LH/Luteinizing Hormon).

Pada percobaan terhadap mamalia, habbatussauda meningkatkan kemungkinan hamil binatang mamalia. Juga pada unggas, pemberian habbatussauda meningkatkan produksi telur binatang unggas.

Untuk keperluan memperbaiki kesuburan kami menganjurkan konsumsi kombinasi Habbatussauda dengan Madu, karena madu yang kaya fruktosa merupakan sumber energi bagi sel sperma untuk bergerak dan tumbuh dengan baik. Untuk keperluan ini kami menganjuran konsumsi Habbats Kapsul dan Madu Royal Firdaus.

Sedangkan dosis yang selama ini efektif kepada suami isteri adalah :
Habbats Kapsul sehari diawali dosis 2×7 kapsul, selama 2 bulan, dan
Madu Royal Firdaus dosis harian 2×2 sendok makan

Untuk hasil terbaik, seyogyanya semuanya diminum baik oleh suami maupun isteri.

Bagi yang menghendaki produk Habbats Kapsul dan Madu Royal Firdaus, dapat menghubungi kami: No HP 0821-1688-4948
Atau belanja langsung di akun Tokopedia kami di : www.tokopedia.com/herbalsehatnabi
Untuk informasi lengkap dapat mengakses ke www.habbats.co.id

loading...

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus