free hit counters
 

Susah Buang Air Besar

Assalamu’ alaikum Wr. Wb.

Saya mempunyai anak umur 7 tahun yang buang air besarnya tidak normal karena  7 sampai 10 hari baru bab tetapi untuk buang air kecil terlalu sering dan dia sering pipis dicelana. mohon penjelasannya apakah ada kelainan pada anak saya dan bagaimana mengobatinya ?

Wassalam.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Secara umum buang air besar (bab) yang normal adalah sehari sekali. Bab yang terjadi 7 – 10 hari sekali merupakan suatu yang terjadi diluar kewajaran. Tentunya hal ini perlu mendapat perhatian agar gangguan tidak berkepanjangan.

Dari data yang ada, kami sulit menyimpulkan penyebab dari hal tersebut, karena banyak hal penting yang belum terungkap dari pertanyaan Bpk, antara lain : sejak kapan terjadinya ? apakah bab keras ? apakah disertai mengejan? Apakah anak cukup minum dan makanan berserat (sayur dan buah) ? bagaimana aktifitas anak sehari –hari ? apakah cukup gerak? Apakah yang biasa dikonsumsi anak tersebut ? apakah anak sampai kesakitan saat bab dan bab disertai darah? Dan lainnya.



Tapi secara umum bab yang tidak wajar tersebut biasanya dipicu oleh makanan kurang serat, kurang minum , kurang gerak dan mungkin trauma psiskis (karena pernah mengalami bab sakit) dan tidak menutup kemungkinan akibat gangguan di dalam usus.

Jika kemungkinannya karena kurang serat, maka dapat diatasi dengan herbal yang mengandung serat tinggi, antara lain lidah buaya (di klinik sehat terdapat kombinasi dengan spirulina yaitu Aloina kapsul) dan dikombinasi dengan minum madu.

Tetapi jika belum ada perubahan, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter terdekat agar diketahui penyebab dari gangguan tersebut, sehingga penanganannya menjadi lebih terarah. Wallahu ‘alam bisshowab.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru