free hit counters
 

Terbukti!! Ternyata Tindakan Ini Cukup Membantu Pasien GERD..

habbats – Kamis, 20 Jumadil Awwal 1438 H / 16 Februari 2017 14:21 WIB

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Saya ingin menanyakan, herbal apakah yang baik untuk mengatasi GERD?

Sdr Pragos, via Email

Jawaban :

Wa’alaykumussalam warahmatullaahi wa barakaatuh

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Asam dan enzim mengalir kembali ketika esophageal sphincter bagian bawah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika seseorang berdiri atau duduk, gravitasi membantu untuk mencegah isi perut mengalir kembali menuju kerongkongan. Lain halnya ketika berbaring, tidak ada unsur gravitasi terlibat. Reflux (arus balik makanan) juga lebih mungkin untuk terjadi segera setelah makan, yakni ketika jumlah dan keasaman isi di dalam perut kondisinya lebih tinggi dan otot sphincter (klep) tidak mungkin untuk bekerja sebagaimana mestinya.

Terapi GERD meliputi banyak hal. Yang utama dan terpenting adalah perubahan gaya hidup:

  • Obesitas dan kelebihan berat badan meningkatkan GERD. Penurunan berat badan dapat mengurangi gejala GERD
  • Berhenti merokok dan Hindari stres
  • Pasien yang dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering. Makanan terakhir hari harus diambil minimal 4 jam sebelum tidur. Berbaring segera setelah makan dapat memperburuk gejala GERD.
  • Hindari makanan dan minuman yang memicu asam lambung seperti alkohol, kopi, cokelat, asam, makanan berlemak atau pedas.
  • Hindari pakaian ketat terutama di sekitar perut.

Herbal yang bagus untuk mengatasi asam lambung dan GERD bisa dikombinasikan madu, habbatussauda dan zaitun.

Sebuah riset dengan judul “Anti Ulcer Effect of Nigella sativa Linn Againts Gastric Ulcers in Rat” yang dilakukan oleh Peneliti dari India yakni B Rajkapoor, R Anandan dan B Jayakar dari Vinayaka Mission’s College of Pharmacy, dan dimuat di Jurnal Current Science, meneliti efek Habbatussauda dibandingkan dengan obat Ranitidin pada tikus yang terkena Ulkus Gastric secara induksi. Induksi yang dilakukan adalah dengan ligasi pylorus dan pemberian aspirin.

Hasil yang didapatkan sangatlah signifikan. Pada uji tikus yang dilakukan ligasi pylorus, penggunaan Ranitidin dosis 20 mg/kg volume sekresi asam lambung menurun menjadi 4,1  ml/100g, dibandingkan dengan control yang angkanya 8,5 ml/100g. Sedangkan pada ekstrak alcohol Habbatussauda dosis 150 mg/Kg nilainya 5,1 ml/100gr, selisih tipis dengan Ranitidin.

Ulcer score pada Ranitidin tersebut adalah 1+ 0,08, sedangkan Habbatussauda 1,4 + 0,01 dibandingkan dengan control yang nilai Ulcer score nya 2,8 + 0,07. Sehingga keefektifan Habbatussauda mendekati Ranitidin.

Madu diminum untuk menghambat pertumbuhan kuman Helicobacter pylori penyebab naiknya asam lambung.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, peneliti menggunakan eksperimen laboratorium untuk mensimulasikan kondisi yang ditemukan dalam perut manusia untuk mengevaluasi kemampuan minyak zaitun untuk melawan Helicobacter pylori.

Peneliti Conception Romero dan rekan dari University Hospital of Valme, di Seville, Spanyol, menemukan bahwa senyawa fenolik yang sehat dalam minyak zaitun tetap stabil selama berjam-jam dalam kondisi asam simulasi lambung. Senyawa fenolik ini juga memiliki efek antibakteri yang kuat. Hasil penelitian laboratorium menunjukkan senyawa fenolik minyak zaitun yang efektif terhadap delapan strain H. pylori, termasuk tiga yang tahan terhadap beberapa antibiotik. Oleh karena itu bagi anda penderita penyakit maag ternyata menambahkan diet sehat minyak zaitun sangat baik dalam mengatasi maag anda.

TEAM HABBAT’S INSTITUTE

Herbal Kombinasi Membantu Atasi GERD

Saran terapi :

Gunakan NIGELLIVE dan MADU ROYAL FIRDAUS untuk membantu menangani gangguan maag dan GERD anda, dengan dosis untuk dewasa :

  1. NIGELLIVE 3×3 sebelum makan
  2. MADU ROYAL FIRDAUS 3×2 sendok makan sebelum makan, dilarutkan dalam setengah gelas air hangat.

Untuk mendapatkan produk NIGELLIVE dan MADU ROYAL FIRDAUS , anda dapat menghubungi kontak person kami:

  • 0878 2855 2870 (Denny)
  • 0812 2000 9444 (Mujahid)

Untuk wilayah Jabodetabek pemesanan dan pertanyaan tentang produk bisa kepada :

  • 0812 8380 1892 (Taufik)
  • 0812 1041 7729  (Boby)

Konsultasi gratis dengan team Habbats Institute :

loading...

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus