free hit counters
 

Anda Flu Dan Pilek? Cobalah Beberapa Tips Di Bawah Ini Untuk Mengobati Penyakit Tersebut

zahid – Kamis, 22 Jumadil Akhir 1437 H / 31 Maret 2016 13:19 WIB

wanita fluDi musim penghujan yang sedang berlangsung di indonesia beserta negara tetangga sering menyebabkan masalah gangguan kesehatan tersendiri bagi kita, salah satu penyakit yang sering melanda pada saat musim hujan seperti ini adalah influenza atau yang dikenal dengan ‘flu’.

Akan tetapi kita tidak perlu khawatir dengan flu yang akan mewabah di saat musim hujan seperti ini, beberapa makanan dan bumbu rempah dapat meredakan dan menyembuhkan berbagai gejala penyakit flu tanpa harus minum obat, akan tetapi membutuhkan sedikit waktu dan disisplin dalam mengkonsumsinya. Tentunya semua ini dengan izin Allah semata.

Berikut beberapa makanan yang menjaga kondisi tubuh di saat cuaca seperti musim hujan saat ini:

Bawang Putih

Bawang putih adalah antibiotik alami karena mengandung antiseptik non kimia dan mengandung banyak unsur anti-oksidan, akan tetapi permasalahan bau mulut dan badan akibat konsumsi bawang putih tentunya harus kita minimalisir.

Cairan (Air)

Tubuh kita yang terdiri dari 90% air harus dijaga tingkat kecairannya, ini bukan berarti kita minum kopi atau minuman manis lainnya, melainkan minum banyak air dan jus buah alami serta beberapa minuman panas yang memiliki pengobatan yang sangat efektif untuk pilek seperti chamomile , mint , adas manis (Anise) dan lemon panas.

Buah jeruk

Buah jeruk seperti jeruk mandarin banyak mengandung vitamin C yang dianggap sebagai vaksin pertama bagi penderita influenza. Dianjurkan untuk minum jus jeruk saat sarapan atau makan setengah buah jeruk selama sore hari, atau tambahkan irisan kekuasaan mandarin saat makan siang.

Khusus bagi para perokok hendaknya menghentikan kebiasaan buruk tersebut karena merokok meningkatkan kemungkinan terkena pilek.

Eit jangan salah bahwa sumber vitamin C tidak hanya ada dalam buah yang asam, tetapi ada sumber makanan lain yang kaya di vitamin C di dalamnya seperti kentang , paprika hijau , stroberi , jambu biji.

Jahe

Jahe berguna dalam pengobatan batuk dan demam yang berhubungan dengan flu atau kedinginan.

Makanan pedas

Lada memiliki banyak manfaat termasuk kemampuan untuk cepat pulih dari pilek atau flu, akan tetapi disarankan untuk tidak banyak mengkonsumsi lada karena dapat menyebabkan perut terasa mulas atau sembelit.

Inilah beberapa makanan dan buah-buahan tradisonal untuk mengobati ataupun mencegah datangnya penyakit Flu. (Rassd/Ram)

Wallahua’lam bish-showab

loading...

Thibbun Nabawi Terbaru

blog comments powered by Disqus