free hit counters
 

Tifus? Makan Saja Buah-Buahan Ini!

Pisang (Talh)

“Dan pohon pisang yang bersusun-susun.” (Q.S. Al Waqiah: 29) Menurut Al Maqdisi pisang yang terbaik adalah pisang yang bentuknya besar dan sangat manis. Pisang memiliki karakter sedang, namun ada yang berpendapat karakternya dingin dan dalam buku Thibbun Nabawi disebutkan karakternya panas diikuti lembab pada tingkat pertama. Al Maqdisi juga berpendapat pisang berguna untuk mengatasi batuk dan memberikan banyak nutrisi. Ibnu Qoyyim berpendapat pisang mampu melemaskan otot perut. Bagi penderita tifus apabila memerlukan nutrisi dapat mengkonsumsi pisang bersama dengan madu dan sakanjabin sebagai menu yang seimbang seperti yang dianjurkan oleh Imam Ibnu Muflih Al Maqdisi. Cara lain mengkonsumsi pisang adalah dengan mengambil pisang yang matang dan ditambahkan satu sendok madu lalu dilumatkan (diblender) hingga halus. Jus pisang plus madu dapat dikonsumsi dua kali sehari selama dua bulan hingga sepenuhnya pasien pulih dari nyeri otot, lemah dan lesu.  

Apel (Tuffah) Ibnu Jazlah berpendapat apel yang masam berkarakter dingin dan kasar, sedangkan apel merah lebih cenderung panas. Al Maqdisi menyatakan bahwa apel dapat menguatkan jantung dan lambung yang lemah. Dalam buku Thibbun Nabawi disebutkan bahwa apel berfungsi untuk menjaga kekuatan dan untuk memicu selera (nafsu makan). Disebutkan dalam buku Thibbun Nabawi bahwasannya apel dapat menguatkan jantung apabila dibuat minuman (Sharbat) dan juga bermanfaat untuk was-was (depresi). Apel dapat dibuat jus sementara untuk menetralisir dampak degatifnya, Al Maqdisi berpendapat agar ditambahkan air daun mint (ekstrak mentol) karena daun mint dapat mencegah muntah.

 

Jeruk Sitrun (Utrujjah)Perumpamaan orang mukmin seperti perumpamaan buah utrujjah rasanya enak dan baunya harum.” (HR. Al-Bukhari) Menurut buku Thibbun Nabawi, kemasaman (airnya) utruj bersifat dingin kering, dan suka dibuat sirup masam, bermanfaat untuk perut yang panas, menguatkan hati dan menggembirakannya, membuat lezat makanan, menghilangkan haus, memperbaiki selera makan, menghentikan diare, muntah karena pengaruh empedu kuning, denyut jantung, menghilangkan kesedihan. Bagi penderita tifus dapat mengkonsumsi air perasan jeruk sitrun (Citrus medica) atau jika tidak ada diganti dengan lemon dan ditambahkan madu sesuai selera. Jus dapat diminum untuk memperbaiki selera makan, mencegah muntah dan menghentikan diare (tifus kadang disertai diare).

 

(Ulasan selengkapnya mengenai herbal dan terapi untuk menghadapi tifus dapat dibaca di Tabloid Bekam Edisi 15/Usus Sehat Tifus Lewat)

Ingin memiliki series 5 edisi Tabloid Bekam dengan harga Rp 60 ribu (Belum termasuk Ongkos kirimnya) :

Edisi Tabloid bekam : Jurus Ampuh Atasi Stroke

Edisi Tabloid bekam : Liver Sakit, Kurma Beraksi

Edisi Tabloid Bekam : Menjinakkan Kolesterol tanpa dikontrol



Edisi Tabloid Bekam :  Usus Sehat Tifus lewat

Edisi Tabloid Bekam :  Siapa bilang Diabetes tak bisa sembuh

Bila minat silahkan pesan melalui sms ke 085695070099  atau email ke [email protected], dengan menyebutkan nama, no Telepon yang bisa dihubungi , dan alamat kirimnya.

bekam

Thibbun Nabawi Terbaru