free hit counters
 

Kenapa Tidak Ada Dzikir Berjamaah di Saudi?

Eramuslim – Ampunan dan pahala yang besar disiapkan Allah bagi orang-orang yang mau berdzikir kepada-Nya sesuai surat Al-Ahzab ayat 35. Surat Al-Jumuah ayat 10 bahkan menyebut hamba Allah yang sering berdzikir merupakan orang yang paling beruntung.

Kendati demikian, masih banyak perdebatan terkait kegiatan dzikir di Indonesia khusus untuk ibadah ini. Beberapa orang mengatakan dzikir berjamaah merupakan bid’ah sehingga tidak boleh dilakukan. Namun, ada pula yang menganjurkan dzikir model ini.

Imam besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mengatakan kalimat dzikir banyak disebut dalam Alquran dan Hadist Nabi Muhammad. Sehingga dzikir kepada Allah merupakan salah satu ibadah yang memang dianjurkan, terlebih jika dilakukan dengan bersama-sama.

“Ada shalat berjamaah, doa berjamaah karena dalam jamaah ada kekuatan. Dalam hadist nabi, albarakatu fil jama’ah atau keberkahan itu terletak pada jamaah, bahasa populernya energi terletak pada sinergi, energi itu barokah dan sinergi itu jamaah,” ujarnya dihubungi beberapa waktu lalu.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Fiqh Kontemporer Terbaru