free hit counters
 

Hukum Merawat Ibu yang Sudah Tua

Eramuslim – Ibu adalah sosok orang tua yang paling wajib dihormati. Terlebih, jika ibu sudah memasuki usia tua, tak jarang anak-anaknya menemuinya di panti jompo.

Padahal, jasa seorang ibu tidak bisa dihitung, mulai dari melahirkan sampai membesarkan anaknya. Dalam Islam, jika salah seorang orang tua sudah lanjut usia, anak seharusnya merawatnya dengan baik. Allah berfirman dalam surat Al Isra ayat 23-24:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا



وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang.”

Dijelaskan dalam buku Dahsyatnya Doa Ibu oleh Ustaz Syamsuddin Noor, maksud ayat tersebut adalah apabila orang tua sudah lanjut usia, harus dalam pemeliharaan anak, bukan dititipkan di panti jompo. Jika ada yang menyerahkan ke panti jompo, itu termasuk perbuatan durhaka.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Fiqh Kontemporer Terbaru