free hit counters
 

5 Makanan yang Buruk untuk Jantung

Eramuslim – Sebagian jenis makanan dapat memberikan manfaat menyehatkan bagi jantung. Akan tetapi, ada beberapa jenis makanan yang justru memiliki dampak sebaliknya.

Makanan yang menyehatkan jantung adalah makanan-makanan dengan kandungan zat gizi yang terbukti memberikan manfaat bagi sistem kardiovaskular atau dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Makanan ini menurunkan risiko penyakit jantung karena berkaitan dengan penurunan kadar kolesterol LDL, penurunan tekanan darah, atau dapat memabntu mengontrol berat badan.

“Dan atau memperbaiki sensitivitas insulin,” jelas pemilik Essental Nutrition For You Rania Batayneh MPH, seperti dilansir Prevention.

Sebaliknya, ada makanan-makanan yang diketahui dapat memberi pengaruh kurang baik bagi kesehatan jantung. Berikut ini adalah lima di antaranya.

1. Saus Tomat

Saus tomat merupakan salah satu bahan dapur yang umum digunakan dalam berbagai hidangan. Meski berbahan dasar tomat, saus tomat yang biasa dijual dalam kemasan biasanya mengandung banyak gula dan/atau sodium.

Dua sendok makan saus tomat bisa mengandung 320 miligram sodium. Jumlah tersebut sudah mencakup 14 persen dari rekomendasi konsumsi sodium harian. Dalam porsi yang sama, saus tomat memiliki kandungan gula sebanyak 8 gram.



2. Smoothie Buah

Sekilas, smoothie buah tampak seperit sajian yang menyehatkan. Namun banyak orang yang mungkin belum menyadari bahwa ada banyak kandungan gula di dalam smoothie buah.

Satu gelas smoothie buah bisa terdiri dari cukup banyak buah. Masing-masing buah sudah memiliki kandungan gulanya masing-masing.

“Ditambah lagi, dengan meminum buah alih-alih memakannya dalma bentuk utuh, Anda kehilangan serat esensial yang dapat membantu menormalkan peningkatan lemak darah, yang merupakan faktor risiko kunci untuk penyakit jantung,” lanjut ahli gizi sekaligus pendiri Fisher Nutrition System Suzanne Fisher RD LDN.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Makanan Terbaru