free hit counters
 

6 Buah yang Disebut Dalam Alquran dan Khasiat Kesehatannya (Bag.I)

Eramuslim – Di bumi ini tumbuh beraneka jenis sayur, buah, dan biji-bijian yang bermanfaat bagi manusia. Masing-masing memiliki khasiat yang berbeda.

Dan di berbagai kitab suci pun menyebutkan beberapa jenis buah secara spesifik. Begitu juga dengan Alquran, pedoman hidup umat Islam. Dalam sejumlah ayat tersebut beberapa jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi karena baik bagi manusia.

Berikut ini beberapa jenis buah yang disebutkan di dalam Alquran beserta khasiatnya menurut kajian ilmu pengetahuan modern;

  1. Kurma



Buah yang tumbuh dari sejenis palem ini termasuk salah satu yang paling banyak disebut di dalam Alquran. Beberapa surat di mana nama buah ini bisa ditemukan adalah Surat Maryam, Surah Al-Hasyr, Surah Al-Baqarah, dan Surah Qaaf.

Dilansir Healthline, kurma kaya akan serat dan antioksidan. Flavonoid di dalamnya ampuh untuk menurunkan risiko diabetes, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Karotenoid bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan mencegah gangguan penglihatan.

Sementara phenolic acid akan membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Kurma juga bisa membantu menguatkan tulang serta alternatif pemanis yang lebih sehat daripada gula.

Selain manfaat kesehatan, kurma juga memiliki khasiat kecantikan. Dilansir StyleCraze, kandungan vitamin A dan vitamin B5 di dalamnya sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut hingga usia senja.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Makanan Terbaru