free hit counters
 

8 Nama Nama Neraka dan Calon Penghuninya yang Perlu Diketahui Muslim

Eramuslim.com – Tiap Muslim wajib mengimani adanya surga dan neraka yang merupakan bagian dari percaya terhadap akhirat. Kedua tempat itu sudah diciptakan Allah SWT bagi hamba-hamba-Nya.

Mereka yang beriman dan betakwa dengan menjalankan seluruh perintah dan menjauhi larang-larangannya balasannya adalah surga.

8 Nama Nama Neraka dan Calon Penghuninya yang Perlu Diketahui Muslim

Sedangkan bagi mereka yang mengingkari dan tidak beriman serta berbuat dosa, neraka merupakan tempat sebaik-baiknya bagi mereka.

Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْاَبْرَارَ لَفِيْ نَعِيْمٍۙ وَّاِنَّ الْفُجَّارَ لَفِيْ جَحِيْمٍ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan, dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka benar-benar berada dalam neraka. (QS. Al Infithaar: 13-14).

Berikut ini delapan nama neraka dan calon penghuninya dikutip iNews.id dari PISS-KTB:

1. Neraka Hawiyah

Tempat di hari akhirat ini diperuntukkan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup di dunia mengerjakan kebaikan bercampur keburukan.

Orang muslim laki-laki maupun perempuan yang perbuatan sehari- harinya tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka Hawiyah sebagai tempat tinggalnya.



Mereka ini yaitu orang yang tidak mau menerima syariat Islam, mencari rezeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan lain sebagainya.

Neraka Hawiyah ini disebutkan dalam Alquran Surat Al Qori’ah ayat: 8-11.

وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ فَاُمُّهُ هَاوِيَةٌۗوَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗنَارٌ حَامِيَةٌ

Artinya: Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (yaitu) api yang sangat panas.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Oase Iman Terbaru