free hit counters
 

Dajjal Pernah Dipenjara Nabi Sulaiman? Kenali Ciri-cirinya

Adapun ciri-ciri fisiknya, banyak hadis Nabi menjelaskan berikut sepak terjang Dajjal di akhir zaman kelak. Setidaknya ada empat ciri fisik Dajjal yang disebutkan dalam hadis Nabi SAW.

1. Buta Mata Kanannya.
Terlihat seperti buah anggur yang mengapung atau buah anggur menyembul. Ada riwayat yang menyebut bahwa mata kirinyalah yang buta, dan ada pula yang mengatakan kalau kedua matanya memang cacat.

2. Ada Tulisan Kafir (kaf-fa-ra) di Antara Kedua Matanya atau Dahinya.

Tulisan ini bisa terbaca oleh kaum muslimin yang melek baca tulis ataupun yang buta huruf. Ini merupakan tanda yang diciptakan oleh Allah untuk menunjukkan dengan pasti akan kekafiran, kebohongan, dan kebatilan Dajjal.

Artinya, ciri ini bukan dalam makna kias, tetapi makna yang hakiki. Kedua ciri utama ini baru tampak setelah Dajjal mendeklarasikan diri sebagai Nabi dan mengaku sebagai Tuhan.



Mengapa demikian? Ini menjadi bukti bagi kaum mukminin, bagaimana mungkin seorang yang mengaku sebagai Tuhan, sedangkan sebelah matanya buta. Tentu, Tuhan tidak layak disifatkan demikian. Allah Ta’ala Maha Suci dan Maha Sempurna.

3. Berbadan Pendek, Gemuk dengan Rambut Keriting.

Dajjal berperawakanmuda, berbadan pendek dan gemuk, kulitnya berwarna kemerah- merahan, rambutnya keriting sehingga terlihat dari belakang seperti dahan yang rimbun.

Dadanya bidang, dan kakinya membentuk huruf X (dalam dunia medis dikenal dengan istilah genu valgum).

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4Lihat semua

Oase Iman Terbaru